Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara. Metro TV
Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara. Metro TV

Primetime News

Korban Pemerkosaan Herry Wirawan Kecewa, Ini Jawaban Komnas HAM

MetroTV • 17 Januari 2022 00:20
Jakarta: Salah satu keluarga santriwati korban perkosaan Herry Wirawan menyatakan kecewa dengan pernyataan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Pernyataan Komnas HAM yang menolak hukuman mati atas pemerkosa 13 santriwati itu melukai perasaan keluarga korban.
 
Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara, mengaku sangat menghormati kekecewaan itu. Namun, ia menegaskan Komnas HAM tidak hanya sebatas menangani hak-hak pelaku. Hak korban juga akan dilindungi.
 
“Kami juga berkoordinasi dengan kementerian lembaga lain guna memastikan hak-hak korban dapat dipenuhi,” terang Beka, dalam tayangan Primetime News di Metro TV, Minggu, 16 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berbicara tentang hak-hak korban, lanjut Beka, itu juga termasuk hak yang harus dihormati dan dijunjung tinggi, layaknya hak untuk hidup. Dalam kasus ini, Komnas HAM mengeklaim pihaknya akan terus memperjuangkan hak-hak keadilan bagi korban.
 
Misalnya, hak pemulihan atas trauma yang dialami korban, jaminan atas hak kesehatan, serta pendidikan hingga sang korban beranjak dewasa.
 
“Termasuk yang paling sederhana, perlindungan identitas korban agar ia tidak mendapat stigma jelek dari masyarakat. Atau, korban juga berhak mengembangkan potensi sumber dayanya secara lebih merdeka,” tegas Beka. (Nurisma Rahmatika)
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif