Bharada E menjalani pemeriksaan di Komnas HAM, Selasa, 26 Juli 2022. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Bharada E menjalani pemeriksaan di Komnas HAM, Selasa, 26 Juli 2022. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Ketua Komnas HAM Tak Tega Bharada E Jadi Tumbal

Fachri Audhia Hafiez • 11 Agustus 2022 13:01
Jakarta: Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik mengaku tak tega bila Bharada E alias Richard Eliezer jadi tumbal pembunuhan Brigair Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Kasus itu akan diungkap untuk menemukan titik terang.
 
"Saya tidak bisa, tidak tega saya bilang, seorang Bharada E itu kemudian jadi tumbal," kata Taufan di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Agustus 2022.
 
Pihaknya fokus pada hak-hak peradilan yang adil atau fair trial. Namun, upaya itu dinilai sulit tercapai karena sejumlah barang bukti yang dihilangkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya ribut soal CCTV, kenapa? CCTV kalau dihilangkan, fair trial akan sulit didapatkan, kenapa? Karena ada langkah-langkah obstruction of justice, menghilangkan barang bukti, mengatur segala macam. Sehingga tidak terbuka apa sebetulnya yang terjadi, siapa melakukan apa, dimana, kapan, apa barang buktinya? Tuduhan harus bisa berdasarkan barang bukti," ujar Taufan.
 
Polisi menetapkan empat tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir J. Mereka ialah Ferdy Sambo, Bharada E, KM dan Bripka Ricky Rizal (RR).

Baca: Justice Collaborator Bharada E Disarankan Melibatkan LPSK


Keempat tersangka memiliki perannya masing-masing dalam kasus ini. Bharada E yang melakukan penembakan. KM dan Bripka RR yang membantu hingga terjadi peristiwa penembakan. Sedangkan, Ferdy Sambo yang memerintahkan penembakan hingga membuat skenario agar terlihat sebagai peristiwa baku tembak. 
 
Atas peristiwa ini, Ferdy Sambo dan anak buahnya disangkakan melanggar Pasal 340 subsider Pasal 338 jo Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP. Ancaman pidananya maksimal hukuman mati.
 
(LDS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif