Selebgram Rachel Vennya memenuhi panggilan Polda Metro Jaya. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Selebgram Rachel Vennya memenuhi panggilan Polda Metro Jaya. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Rachel Vennya Belum Ditetapkan Sebagai Tersangka, Ada Apa?

Nasional polri polisi wisma atlet jakarta Rachel Vennya karantina Rachel Vennya Kabur
Cindy • 01 November 2021 20:25
Jakarta: Kasus kabur dari karantina yang menjerat selebgram Rachel Vennya menjadi perbincangan publik. Hingga kini status hukum Rachel Vennya masih sebagai saksi. 
 
Kuasa hukum Rachel Vennya, Indra Rahardja, menekankan kliennya belum ditetapkan sebagai tersangka. Polisi masih melakukan penyidikan terhadap Rachel. 
 
"Kalau pemeriksaan pertamanya kan dalam tahap penyelidikan ya, kalau sekarang berarti sudah masuk ke berita acara pemeriksaan, penyidikan," kata Indra di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin, 1 November 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Indra menilai proses hukum mantan istri Niko Al Hakim itu masih dianalisa polisi. Dia juga belum mengetahui pemeriksaan yang dijalani kliennya hari ini. 
 
"Ini kan baru kemarin naik ke penyidikan, secara otomatis masih diperiksa sebagai saksi. Nanti biar penyidik bekerja melakukan analisa, kita lihat selanjutnya seperti apa," ucap dia. 
 
Baca: Penuhi Panggilan Kedua, Rachel Vennya Datang Bersama Manajer & Teman Dekatnya
 
Meski begitu, selebgram 26 tahun ini mengaku siap menerima risiko hukum atas kasus yang menjeratnya. Rachel Vennya dipersangkakan Pasal 9 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan dan Pasal 14 UU Nomor 4 Tahun 1984 Tentang Wabah Penyakit Menular.  
 
"Intinya kami, Rachel ini siap untuk mengikuti proses ini. Dia akan taat dan patuh terhadap proses hukum yang berjalan," ujar Indra. 
 
Rachel mendadak bikin heboh publik usai diduga kabur dari masa karantina di Wisma Atlet Pademangan. Rachel dibantu dua oknum TNI, yakni FS dan IG untuk terbebas dari kewajiban karantina. 
 
FS menyodorkan aturan yang menyatakan Rachel tidak masuk dalam kategori penerima fasilitas karantina. FS dan IG diduga melakukan tindakan non-prosedural. 
 
FS dikembalikan ke satuannya di Korps Angkatan Udara (AU), dari tugas sebagai anggota satgas pengamanan Bandara Soekarno-Hatta. Sedangkan IG, dikembalikan ke satuan di Wing 1/Paskhas. IG bertugas sebagai anggota satgas pengamanan di Wisma Atlet Pademangan. Keduanya tengah diperiksa polisi militer.
 
(CIN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif