Ilustrasi. Teroris. (Medcom.id)
Ilustrasi. Teroris. (Medcom.id)

Densus 88 Sebut Anggota NII Emoh Beribadah Bareng Masyarakat Umum

Nasional terorisme Teroris densus 88 Negara Islam Indonesia
Kautsar Widya Prabowo • 20 April 2022 09:20
Jakarta: Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menyebut anggota teroris Negara Islam Indonesia (NII) memiliki ciri khas dalam beribadah. Mereka enggan berjemaah dengan masyarakat umum. 
 
"Kalau dari ciri fisik mungkin tidak ya. Tapi kalau ciri seperti ekslusifitas kemudian tidak mau gabung beribadah berjemaah dengan kelompok masyarakat biasa itu ada," ujar Kepala Bagian Bantuan Operasi Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar, kepada wartawan, Rabu, 20 April 2022.
 
Aswin menambahkan pihaknya masih menghitung jumlah anggota organisasi telarang itu di Indonesia. Berdasarkan pengakuan tersangka yang ditangkap, terdapat 400 anggota aktif NII di Sumatra Barat (Sumbar).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Klaim bahwa ada jutaan pengikut NII kita juga enggak tahu siapa yang jutaan ini. Dari mereka seperti itu. Memang kita akan coba dalami," jelas dia. 
 
Dia menerangkan masyarakat di Sumbar telah melakukan pencegahan beredarnya paham NII. Salah satunya dengan menggelar seminar. 
 
"Sekarang mereka banyak melakukan kegiatan maupun pencerahan untuk meninggalkan atau untuk menolak ajakan NII itu," ungkap Aswin. 
 
Baca: NII di Sumbar Berencana Lengserkan Pemerintah Jelang Pemilu 2024
 
Sebelumnya, sebanyak 16 tersangka terorisme kelompok NII ditangkap serentak pada Jumat, 25 Maret 2022. Terdiri dari 12 tersangka di wilayah Dharmasraya, empat tersangka di Tanah Datar. 
 
Densus 88 juga mendalami visi misi 16 tersangka terorisme kelompok NII. Mereka berencana melengserkan pemerintah menjelang Pemilu 2024.  
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif