Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

25 Eks Anggota NII Sumpah Setia ke NKRI

Nasional terorisme Teroris nkri densus 88 Negara Islam Indonesia
Siti Yona Hukmana • 25 April 2022 08:01
Jakarta: Sebanyak 25 anggota Negara Islam Indonesia (NII) di Denpasar, Bali, sumpah setia kepada NKRI. Mereka menyadari NII merupakan organisasi terlarang.
 
"Kegiatan pelepasan baiat dan ikrar sumpah setia kepada NKRI oleh 25 anggota Negara Islam Indonesia (NII) di Aula Polresta Denpasar pada hari Sabtu, 23 April 2022," kata Kabag Banops Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar kepada saat dikonfirmasi, Senin, 25 April 2022.
 
Aswin mengatakan ikrar sumpah setia itu disaksikan Kasatgaswil Densus 88 Bali Kombes I Ketut Widhiarto, Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo Pamungkas, hingga Ketua GP Ansor Bali H Yusuf Naim. Aswin menyebut ke-25 eks anggota NII melakukan ikrar secara bergantian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Melaksanakan kegiatan acara ikrar sumpah kesetiaan NKRI oleh 25 target teror kelompok Negara Islam Indonesia (NII) yang dilaksanakan secara perorangan dan bergantian," ungkap dia.
 
Aswin menuturkan proses ikrar sumpah setia berlangsung aman dan lancar. Tidak ada paksaan kepada ke-25 eks anggota NII tersebut untuk mengucap sumpah setia kepada NKRI.
 
"Pelepasan baiat atas kesadaran sendiri dan ingin hidup beragama dan bermasyarakat yang baik dan patut kepada NKRI," ujar dia.
 
Baca: NII di Sumbar-Tangerang Raya Berkaitan dengan Kartosoewirjo
 
Teroris NII mulai eksis kembali belakangan. Total 21 tersangka terorisme dari kelompok NII ditangkap per Maret-April 2022.
 
Sebanyak 16 tersangka ditangkap secara serentak di Sumatra Barat (Sumbar) pada Jumat, 25 Maret 2022. Sebanyak 12 tersangka ditangkap di wilayah Dharmasraya dan empat tersangka di Tanah Datar.
 
Mereka berencana melengserkan pemerintah menjelang Pemilu 2024. Pelengseran itu rencana dilakukan dengan membuat kekacauan bak kerusuhan Mei 1998.
 
NII Sumbar ini merupakan lapisan bawah atau kecamatan. Perannya sangat signifikan, yakni merekrut masyarakat menjadi anggota.
 
Sementara itu, ada lima tersangka yang ditangkap Densus 88 di Tangerang Selatan (Tangsel) pada Minggu, 3 April 2022. Kelima tersangka itu ialah SA, SO, TA, MH, dan AHA alias Y. Perannya dari ketua wilayah NII Tangsel hingga sekretaris.
 
Kota NII berada di Tangerang Raya. Orang-orang NII yang berada di Tangerang Raya bertugas merekrut pengurus dan membentuk wilayah-wilayah sebaran NII.
 
"Jadi, mereka keliling ke beberapa wilayah di Indonesia, di sana mereka membentuk struktur baru lagi di bawah mereka, disebutlah namanya kecamatan," ungkap Aswin, Jumat, 22 April 2022.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif