Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya kembali membuka layanan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) yang sebelumnya dihentikan akibat pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya kembali membuka layanan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) yang sebelumnya dihentikan akibat pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Polda Metro Ajukan Pembukaan SIM Keliling di Mal

Nasional Virus Korona sim PSBB
Siti Yona Hukmana • 08 Juni 2020 15:48
Jakarta: Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengajukan surat permohonan pembukaan layanan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) keliling di mal kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sebab, layanan SIM keliling di mal bukan salah satu kegiatan yang perbolehkan selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi.
 
"Kami dari Ditlantas Polda Metro Jaya sedang mengajukan dan bersurat kepada Pemprov DKI untuk bisa menjalankan atau membuka pelayanan publik di lokasi tersebut (mal)," ujar Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin Hanggara saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin, 8 Juni 2020.
 
Lalu mengatakan kuota perpanjangan SIM di polres dan polda sangat terbatas. Masyarakat yang harus menerapkan jaga jarak fisik atau physical distancing juga membuat kapasitas ruang tunggu menjadi lebih sedikit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ditlantas Polda Metro Jaya sudah mengoperasikan lima kendaraan SIM keliling. Sebanyak dua kendaraan SIM keliling ditempatkan di Masjid At-Tin, Jalan Taman Mini, Jakarta Timur, untuk mencegah penumpukan di Satpas SIM Kebon Nanas.
 
Sebanyak tiga kendaraan SIM keliling ditempatkan di Daan Mogot, Jakarta Barat, untuk mencegah penumpukan di Satpas SIM Daan Mogot. Menurut Lalu, jumlah itu belum cukup untuk melayani masyarakat.
 
"Jadi kami minta izin kepada Pemprov DKI sebelum mal dibuka, kami buka dulu untuk pelayanan," ujar Lalu.
 
Baca: Polda Metro Jaya Operasikan Lima Mobil SIM Keliling di Masa Transisi
 
Layanan pembuatan dan perpanjangan SIM di satpas dan polres wilayah hukum Polda Metro Jaya kembali dibuka pada Selasa, 2 Juni 2020. Pembukaan layanan tindak lanjut dari surat telegram nomor ST/1537/V/YAN.1.1./2020 pada 29 Mei 2020, yang ditandatangani Kakorlantas Polri Irjen Istiono.
 
Polisi memberikan dispensasi perpanjangan kepada pemilik SIM yang masa berlakunya habis pada 24 Maret 2020-29 Mei 2020. Perpanjangan dapat dilakukan sampai 30 Juni 2020 tanpa membuat SIM baru.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif