KY Mengapresiasi Komisi III Loloskan 2 Calon Hakim Agung

Damar Iradat 12 Juli 2018 00:07 WIB
komisi yudisial
KY Mengapresiasi Komisi III Loloskan 2 Calon Hakim Agung
Gedung Komisi Yudisial. Foto: Antara
Jakarta: Komisi Yudisial mengapresiasi langkah Komisi III DPR RI yang menyetujui dua calon hakim agung (CHA) usulan mereka; Abdul Manaf dari Kamar Dagang dan Pri Pambudi Teguh dari Kamar Perdata. Keduanya disetujui Komisi III setelah menjalani uji kelayakan dan kepatutan Rabu, 11 Juli 2018 siang tadi.

"KY mengapresiasi persetujuan DPR RI terhadap semua calon yang diajukan KY," kata Juru Bicara KY Farid Wajdi lewat keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu, 11 Juli 2018. 

Persetujuan DPR ini, kata dia, membuktikan kedua lembaga telah bekerjasama dengan baik terkait menyeleksi hakim agung dengan baik. Proses seleksi CHA ini juga memberikan gambaran bahwa semua lembaga yang terlibat berkomitmen penuh untuk memberikan kepastian hukum bagi para pencari keadilan dengan memenuhi permintaan MA terhadap kebutuhan hakim agung.


Lebih lanjut, Farid mengungkapkan sebagai mitra, KY akan terus membangun komunikasi intensif dengan Komisi III DPR dalam upaya mewujudkan peradilan bersih dan agung.

"KY memastikan akan terus mengutamakan aspek kualitas dan integritas dalam mencari hakim agung," ucap Farid.

Komisi III DPR sebelumnya menyetujui Abdul Manaf dan Pri Pambudi Teguh menjadi hakim agung. Abdul Manaf akan mengisi Kamar Agama, sementara Pri Pambudi yang juga kakak dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan mengisi Kamar Perdata.

Hasil rapat pleno komisi III itu selanjutnya akan disampaikan ke rapat pleno DPR. Nantinya nama mereka akan diusulkan untuk mendapat persetujuan dari fraksi-fraksi.



(JMS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id