Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta menggelar razia secara serentak.
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta menggelar razia secara serentak.

Gelar Razia Serentak, Kanwil Kemenkumham DKI Cegah Peredaran Narkoba di Lapas

Nasional narkoba Kemenkumham rutan razia lapas
Nia Deviyana • 22 April 2022 06:30
Jakarta: Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta berkomitmen turut berkontribusi dalam pencegahan dan penindakan peredaran narkoba di lapas dan rutan di wilayah DKI Jakarta. Hal tersebut dalam rangka Memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 dengan menggelar razia secara serentak.
 
Dimulai pukul 19.00 WIB, pelaksanaan razia dibagi menjadi 3 tim pemantau monitoring. Tim pertama dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah beserta Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM yang menyambangi Rutan Kelas I Cipinang, Lapas Kelas I Cipinang, Lapas Kelas IIA Narkotika dan RS Pengayoman.
 
Baca: Cegah Peredaran Narkoba, Razia Digencarkan di Lapas dan Rutan Sumsel

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Divisi Pemasyarakatan memimpin tim kedua di Lapas Kelas IIA Salemba dan Rutan Kelas I Jakarta Pusat. Adapun tim terakhir dipimpin oleh Kepala Divisi Administrasi yang memantau Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta dan Rutan Kelas I Pondok Bambu.
 
"Pelaksanaan penggeledahan lapas dan rutan merupakan salah satu kegiatan yang sejalan dengan tiga kunci pemasyarakatan maju, terdiri dari deteksi dini, pemberantasan narkoba, dan melakukan sinergi dengan aparat penegak hukum," ujar Kepala Kantor Wilayah Ibnu Chuldun melalui keterangan tertulis, Jumat, 22 April 2022.
 
Target razia, lanjut Ibnu, adalah penyalahgunaan narkotika dan barang-barang terlarang sesuai dengan Permenkumham Nomor 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lapas Rutan. Dia mengungkapkan Divisi Pemasyarakatan rutin menyelenggarakan kegiatan razia sebagai salah satu bentuk pengawasan dan pengendalian dari dalam lapas dan rutan, khususnya di wilayah DKI Jakarta.
 
“Kegiatan Razia Serentak juga diselenggarakan pada Lapas dan Rutan di seluruh Indonesia. Kita memiliki kewajiban yang sama dengan seluruh unsur pemasyarakatan di Indonesia ini," tutur Ibnu.
 
Dia mengatakan karena kegiatan tersebut bertepatan dengan ramadan, pelaksanaannya mengutamakan menghormati warga binaan yang sedang menjalankan ibadah.
 
"Kegiatan ini bersamaan dengan pelaksanaan ibadah ramadan yaitu salat tarawih dan tadarus alquran. Pelaksanaan kegiatan harus mempertimbangkan itu, masuk dengan senyum dan sapa," ungkap dia.
 
Ibnu juga mengingatkan jajarannya untuk menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab. "Tunjukkan bahwa seluruh petugas pemasyarakatan penuh humanis," kata dia.
 
Tidak hanya jajaran internal pemasyarakatan, pelaksanaan sidak  juga melibatkan aparat penegak hukum terkait yaitu kepolisian, TNI, dan Badan Narkotika Nasional (BNN).
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif