KPK Pindahkan Fredrich ke Rutan Cipinang
Fredrich Yunadi. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri.
Jakarta: Terdakwa kasus merintangi penyidikan perkara korupsi KTP-el, Fredrich Yunadi, resmi dipindahkan ke Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta Timur. Fredrich sebelumnya mendekam di Rutan KPK kav K-4.
 
Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, pemindahan Fredrich ke Rutan Cipinang berdasarkan keputusan majelis hakim yang mengabulkan permohonannya untuk dipindahkan dari Rutan KPK Kav K-4.
 
"Kita melaksanakan saja, karena posisi penahanan di pengadilan tapi dititipkan di rutan KPK," kata Febri saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu, 2 Mei 2018.

Baca: Fredrich Minta Pindah Rutan

Majelis hakim Pengadilan Tipikor sebelumnya mengabulkan permintaan Fredrich, yang meminta tempat penahanannya dipindahkan dari Rutan KPK Kav K-4. Alasannya, penahanan di Rutan KPK Kav K-4 tidak memperhatikan hak asasi manusia.
 
Kepada majelis hakim, Fredrich meminta segera dipindahkan ke Rutan Polres Jakarta Selatan atau Rutan Polda Metro Jaya. Namun, jaksa KPK memberi dua pilihan Rutan yakni Rutan Salemba atau Rutan Cipinang.
 
Dalam kasus ini, Fredrich didakwa melanggar Pasal 21 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. Ancaman pidana bagi Fredrich dalam dakwaannya adalah penjara paling singkat tiga tahun dan paling lama 12 tahun dan atau denda paling sedikit Rp150 juta dan paling banyak Rp600 juta.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id