Calon tunggal Kapolri Idham Azis. Medcom.id/ Siti Yona
Calon tunggal Kapolri Idham Azis. Medcom.id/ Siti Yona

Idham Bakal Teruskan Pembinaan Karir Polisi Berdasarkan Kinerja

Nasional Calon Kapolri
Arga sumantri • 31 Oktober 2019 02:28
Jakarta: Anggota Komisi III DPR Fraksi NasDem Taufik Basari mempertanyakan rencana Calon Kapolri Idham Azis dalam melakukan pembinaan karir di institusi Polri. Sebab, Korps Bhayangkara merupakan institusi besar yang punya sekitar 450 ribu anggota.
 
"Soal pembinaan karir, saya ingin dapat gambaran strategi apa yang disiapkan ketika dipercaya memimpin institusi Polri yang besar ini," kata Taufik di ruang rapat Komisi III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2019.
 
Pria yang akrab disapa Tobas itu juga meminta penjelasan Idham terkait rencana meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Polri. Tobas mengatakan, salah satu tantangan institusi Polri ke depan adalah menciptakan SDM yang punya kemampuan menghadapi revolusi industri 4.0.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Idham menjelaskan sistem pembinaan karir di Korps Bhayangkara sudah berjalan sejak lama. Ia menilai sistem pembinaan karir paling efektif di kepolisian yakni berbasis kinerja.
 
Idham menjamin dalam proses penilaian kinerja itu akan dilakukan dengan objektif. Ia tidak akan melihat latar belakang anggota Polri dalam memberikan penghargaan atau hukuman.
 
"Kalau dia bagus, ya kita promosi. Kalau jelek dan tidak bagus ya kita tindak. Saya tidak lihat siapa dia," jawab Idham.
 
Menurut Idham, Polri juga sudah melakulan kerja sama dengan banyak pihak baik di dalam maupun luar negeri dalam meningkatkan kapasitas SDM. Ia menyadari, tantangan global begitu cepat dan Polri harus menyiapkan kualitas anggotanya sebaik mungkin.
 
"Rekrutmen juga tergantung konsistensi penyelenggara. Penyelenggara ini bukan dari polri saja, tapi dari luar. Sederhana, kalau kita punya komitmen, konsekuen sama bersih transparan akuntabel," jelas Idham.

 

(SCI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif