Kondisi Lapas Kerap Sebabkan Narapidana Kabur

Ilham wibowo 30 November 2018 21:24 WIB
tahanan kabur
Kondisi Lapas Kerap Sebabkan Narapidana Kabur
Ilustrasi lapas. MI/ Ramadani
Jakarta: Anggota Komisi III dari Fraksi PPP Arsul Sani menilai permasalahan kericuhan di lembaga pemasyarakatan (Lapas) hingga berujung pada kaburnya narapidana tidak bisa dilihat dari satu faktor.

Menurut Arsul, kenyamanan saat menghuni lapas juga turut menjadi perhatian. Kerusuhan di beberapa daerah pun terjadi lantaran masalah serupa seperti kelebihan kapasitas ruang tahanan. 

"Kalau di banyak daerah ini soal faktor over kapasitas sangat mempengaruhi, karena tidak nyaman di lapas yang over kapasitas," kata Arsul dalam program Primetime News Metro TV, Jumat, 30 November 2018.  


Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham Sri Puguh Budi Utami tidak menampik kondisi lapas secara nasional saat ini kurang ideal untuk menangani proses pemasyarakatan. Dari 252 ribu narapidana, fasilitas lapas untuk menampung hanya berjumlah 125 ribu ruangan. 

"Kami punya kapasitas ruangan itu 125 ribu isinya sekarang 252 ribu kalau itu dianggap sebagai suatu masalah, dan di dalam itu 126 ribu mereka yang terlibat kasus narkotika baik pengguna bandar maupun pengedar," beber Sri. 

Sri menegaskan pihaknya telah bekerja sesuai prosedur dalam menangani masalah narapidana tidak terkecuali di Lapas Kelas II A Banda Aceh, Lambaro. Kasus kaburnya sejumlah tahanan pun diduga dilakukan secara terencana.   

Sri menduga insiden ini dipicu akibat kebijakan kepala lapas baru yang semakin ketat. Kepala lapas saat ini, kata Sri, tidak membiarkan satu pun narapidana izin keluar lapas tanpa alasan yang jelas. 

"Kalau kita lihat di Aceh secara keseluruhan tertib dan ini diakui juga, kami memberikan hak-haknya secara benar. Ada penerapan SOP untuk tidak mudah melakukan izin yang tidak sesuai aturan, penyesuaian ini bisa membuat orang tidak puas, mereka boleh melaksanakan salat berjamaah," tandasnya.   

Sebelumnya, sebanyak 113 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banda Aceh di kawasan Lambaro, Aceh Besar, kabur. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 18.30 WIB, atau saat ibadah salat Magrib, Kamis, 29 November 2018. Para penghuni lapas itu dilaporkan kabur melalui pintu utama.



(SCI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id