Ilustrasi Densus 88/Medcom.id
Ilustrasi Densus 88/Medcom.id

1.125 Orang Bergabung ke NII di Sumbar

Kautsar Widya Prabowo • 12 April 2022 10:21
Jakarta: Kelompok teroris Negara Islam Indonesia (NII) di Sumatra Barat (Sumbar) memiliki anggota mencapai ribuan orang. Hal itu diketahui setelah Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap belasan teroris NII di Sumbar.
 
"Bahwa struktur NII berada pada tingkatan cabang atau kecamatan istilah NII tersebut adalah CV. Dengan anggota mencapai 1.125 anggota," ujar Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 11 April 2022. 
 
Ramadhan menyebut dari ribuan anggota, sebanyak 400 orang berstatus belum aktif dan sudah berbaiat. Namun, sewaktu-waktu anggota tersebut dapat diaktifkan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari jumlah total di Sumbar, 833 orang tersebar di Kabupaten Dharmasraya dan 292 berada di Kabupaten Tanah Datar," jelas dia. 
 
Baca: Teroris NII di Tangsel Menghadiri Pertemuan di Green Village Depok
 
Selain itu, kelompok NII di Sumbar tidak mengenal usia dalam merekrut anggotanya. Ditemukan 77 orang berusia di bawah 13 tahun. 
 
"Tercatat ada 126 orang yang saat ini sudah dewasa, namun direkrut saat usia masih belasan tahun," ungkap jenderal bintang satu itu. 
 
Dia menyakini anak-anak itu telah dicuci otaknya. Polri telah berkoordinasi dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terkait temuan tersebut. 
 
Densus 88 telah menangkap 16 teroris jaringan NII di Sumbar pada 25 Maret 2022. Selain itu, Densus 88 juga menangkap lima tersangka teroris NII di Tangerang Selatan, Banten, Minggu, 3 April 2022.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif