Ilustrasi terorisme. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi terorisme. Medcom.id/M Rizal

Operasi Perburuan Kelompok Teroris Ali Kalora Diperpanjang

Nasional terorisme
Siti Yona Hukmana • 30 Juni 2020 05:38
Jakarta: Masa kerja satuan tugas (satgas) Operasi Tinombala 2020 diperpanjang selama 94 hari, terhitung sejak hari ini hingga 30 September 2020. Perpanjangan operasi untuk menangkap kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora.
 
"Masih terdapat target operasi atau daftar pencarian orang (DPO) sebanyak 14 orang yang belum tertangkap," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 29 Juni 2020.
 
Perpanjangan Operasi Tinombala 2020 itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor STR/360/VI/OPS.1.3./2020 tanggal 26 Juni 2020 terkait penambahan waktu Operasi Tinombala 2020 Tahap III. Operasi tahun ini telah diperpanjang dua kali. Tahap pertama pada 1 Januari hingga 31 Maret 2020 dan tajap kedua pada 31 Maret hingga 28 Juni 2020

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Operasi perburuan kelompok MIT pimpinan Ali Kalora telah digelar sejak 2016. Perpanjangan masa tugas ini bertujuan untuk memburu kelomprok teroris hingga titik persembunyian.
 
Kelompok MIT pimpinan Ali Kalora telah diultimatum untuk menyerahkan diri sejak Januari 2019. Tim gabungan TNI-Polri akan bertindak tegas bila mereka tak kunjung menyerah.
 
Satgas Tinombala telah menyebarkan pamflet dan foto kelompok Ali Kalora. Aparat juga meminta masyarakat memberitahukan jika menemukan anggota teroris MIT.
 
Dia menyebut kelompok teroris di wilayah Poso, Sulawesi Tengah, itu kian terpojok. Kelompok Ali Kalora terpecah menjadi dua. Mereka juga bertahan hidup dengan meminta kepada masyarakat atau merampok perbekalan dari warga.
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif