Bareskrim Polri. (Medcom.id/Yona)
Bareskrim Polri. (Medcom.id/Yona)

Kapolri Bakal Tuntaskan Kasus Tambang Ilegal, Ismail Bolong Jadi Target Awal

Fachri Audhia Hafiez • 26 November 2022 15:50
Jakarta: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan bakal menuntaskan dugaan kasus setoran terkait tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) yang berkaitan dengan pengakuan Ismail Bolong. Kasus itu akan diusut dimulai dari Ismail.
 
"Tentunya kita kan mulai dari Ismail bolong dulu, nanti dari sana lalu kita periksa," kata Listyo di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu, 26 November 2022.
 
Listyo sudah memerintahkan anak buahnya untuk mencari Ismail untuk memperoleh keterangan dan alat bukti. Sebab, keterangan Ismail dinilai penting untuk mengungkap kasus tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena kan kalau proses pidana kan pasti harus ada alat bukti yang cukup," ujar Listyo.

Baca: Kapolri Sudah Perintahkan Anak Buah Memburu Ismail Bolong


Viral beredar pengakuan Aiptu Ismail Bolong terkait dugaan back up atau koordinasi pertambangan ilegal di Kaltim. Dalam video viral tersebut, Aiptu Ismail Bolong mengaku mengepul dan menjual batu bara ilegal tanpa izin usaha penambangan (IUP) di wilayah hukum Kalimantan Timur. Keuntungan yang diraupnya sekitar Rp5 miliar sampai Rp10 miliar tiap bulannya.
 
“Keuntungan yang saya peroleh dari pengepulan dan penjualan batu bara berkisar sekitar Rp5 sampai Rp10 miliar dengan setiap bulannya," kata Ismail Bolong dalam videonya.
 
Dia mengaku video testimoni dirinya soal adanya setoran uang ke Kabareskrim dibuat atas tekanan dari Brigjen Hendra Kurniawan yang menjabat Karo Paminal Propam Polri pada Februari 2022.
 
Kemudian, Ismail Bolong mengeklaim sudah berkoordinasi dan beri setoran kepada Kabareskrim. Ada uang yang diberikan tiga kali sebagai upah koordinasi.
 
"'(Diberikan) sejak bulan Januari 2021 sampai dengan bulan Agustus," kata Ismail.
 
(LDS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif