Suasana Asrama Brimob pascakerusuhan pada Rabu, 22 Mei 2019 dini hari. Foto: Antara/Sigid Kurniawan.
Suasana Asrama Brimob pascakerusuhan pada Rabu, 22 Mei 2019 dini hari. Foto: Antara/Sigid Kurniawan.

Satu Terduga Provokator Penyerangan Asrama Brimob Ditangkap

Nasional Demo Massa Penolak Pemilu
Kautsar Widya Prabowo • 19 Juli 2019 19:54
Jakarta: Polri menangkap lagi satu terduga provokator penyerangan Asrama Brimob di Petamburan, Jakarta Pusat. Pelaku yang diketahui berinisial YG merupakan buronan polisi.
 
"Satu kabar terbaru sudah ditangkap juga saudara YG di Ciamis yang juga merupakan provokator dari perbuatan itu," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi, di Kompleks Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 19 Juli 2019.
 
Keterlibatan YG diketahui berdasarkan bukti elektronik yang diambil dari alat face recognition. YG diduga ikut terlibat dalam aksi penyerangan di Asrama Brimob, Petamburan. "Jadi sementara ini dengan bukti elektronik itu mengarahkan kepada kegiatan yang bersifat provokasi," jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengungkapkan YG diduga berperan mengatur penyerangan ke Asrama Mako Brimob, Petamburan, Jakarta Pusat. Melalui keterangan saksi dan bukti berupa video, pelaku menyerukan untuk menyerang Asrama Brimob.
 
"Dia yang mengomandoi para perusuh itu di lapangan, dengan narasi-narasi yang diucapkan antara lain dari saksi-saksi, seperti 'bakar, lempar, serang'," ucap Dedi, Jumat, 5 juli 2019.
 
Sebelum YG, polisi telah menangkap delapan terduga provokator lainnya. Mereka ialah Deden Wicaksono, Aldi Apriyadi, Ferdiansyah, Rudiansyah, Mohammad Yusuf, Achmad Hussein, Zulfikar Gustianto, dan Fajar Afriyansyah
 
Penyerangan di Asrama Brimob merupakan bagian dari peristiwa kerusuhan dalam aksi demonstrasi menolak hasil Pemilu di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), pada 21-22 Mei 2019. Hingga saat ini, polisi telah menetapkan 456 orang tersangka kerusuhan. Sebanyak 67 di antaranya masih berusia di bawah umur.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif