Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat melakukan rapat koordinasi menjelang mudik. Lampung Selatan, Rabu (27/4/2022). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat melakukan rapat koordinasi menjelang mudik. Lampung Selatan, Rabu (27/4/2022). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Penyeberangan Merak-Bakauheni akan Ditutup Jika Anak Krakatau Erupsi

Nasional Mudik Lebaran Moeldoko Gunung Anak Krakatau Mudik Lebaran 2022
Media Indonesia • 27 April 2022 14:06
Lampung: Gunung Anak Krakatau saat ini masih berstatus siaga menjadi kewaspadaan di tengah arus mudik Lebaran yang tinggal menghitung hari saja. Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko bersama Pemerintah Provinsi Banten dan Lampung menyiapkan strategi dan antisipasi jika terjadi erupsi.
 
"Sepanjang tinjauan ini, tol dari Lampung hingga Palembang sudah lancar (mulus dan nyaman). Ada beberapa titik yang bergelombang tapi menurut saya itu tidak masalah karena bisa mengingatkan pemudik agar tidak mengantuk. Yang menjadi persoalan dan sulit dihindari yakni soal Gunung Anak Krakatau," jelas Moeldoko saat meninjau arus Mudik di Lampung, Rabu, 27 April 2022.
 
Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Lampung dan Banten untuk segera mengambil tindakan jika Gunung Anak Krakatau meletus. Diakuinya semua jajaran mulai dari pemerintah, TNI, Polri hingga stakeholder terkait sudah melakukan mitigasi jika Gunung Anak Krakatau erupsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 8.474 Kendaraan dari Jawa Masuk Pulau Sumatra via Bakauheni
 
"Kita sudah membahas ini. Jika memang nanti status Gunung Anak Krakatau naik lebih tinggi, maka kita ambil keputusan tidak ada pelayaran baik dari Merak ataupun Bakaheuni," jelasnya.
 
Ia tak menampik jika Gunung Anak Kratakau meletus tentu akan terjadi kepadatan kendaraan di pelabuhan. Namun sebagai antisipasinya, pihaknya sudah menyiapkan kantong parkir di rest area KM 20.
 
"Pelabuhan kita semuanya sudah siap untuk menerima para pemudik. Karena sekarang pelabuhan sudah sangat rapi. Jadi semuanya dipastikan siap, kalaupun terjadi peningkatan status Gunung Anak Krakatau," ucap Moeldoko.
 
"Bahkan jika memang padat, kami sudah menyiapkan kantong-kantong parkir tambahan di rest area KM 20," ujarnya. 
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif