ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Polisi Pertimbangkan Penerapan One Way di Sejumlah Jalur di DIY

Nasional Mudik Lebaran lalu lintas hari raya idul fitri Lebaran 2022 Info Mudik
Ahmad Mustaqim • 26 April 2022 06:43
Yogyakarta: Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan skema jalur satu arah (one way) untuk tujuan destinasi wisata saat libur Idulfitri. Selain skema, personel yang bertugas juga disiapkan.
 
"Segala alternatif akan kami lakukan. Konsepnya mungkin ada one way, penutupan sementara dan pembukaan," kata Kapolda DIY Inspektur Jenderal Asep Suhendar di Yogyakarta, Senin, 25 April 2022. 
 
Destinasi wisata diperkirakan akan ramai mulai H+1 Lebaran. Berbagai destinasi wisata di Yogyakarta hampir dipastikan padat pengunjung. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Asep mengatakan pengaturan dan pengamanan akan melihat situasi di lapangan. Sementara, pengaturan lalu lintas di jalan-jalan protokol atau rawan akan dipantau petugas pos pantau dan pos pelayanan. 
 
"Kepadatan lalu lintas sudah kami siapkan pos pantau dan pos pelayanan keselamatan ketertiban lalu lintas. Harapannya masyarakat bisa mudik dan balik aman dan nyaman," ujarnya. 
 
Ia mengatakan sejumlah jalur alternatif dipersiapan bila terjadi kepadatan atau kemacetan. Baik itu jalur wisata maupun jalur mudik. 
 
Baca: Polres Metro Bekasi akan Berlakukan One Way di Ruas Jalan Kalimalang
 
Kapolres Bantul AKBP Ihsan menambahkan salah satu jalur wisata yang potensial diterapkan one way, yakni kawasan wisata Pantai Parangtritis. Skema pengaturan one way dan pengaturan jalur siapkan. 
 
"Kalau padat kami akan putar-putarkan dulu tapi tujuannya sama. Ini supaya tidak terjadi macet," ucapnya. 
 
Ia mengatakan pemberlakuan one way akan melihat antrean yang terjadi di tempat pemungutan retribusi (TPR). Bila terjadi antrean mengular, lanjutnya, petugas di lapangan akan segera mengatur jalur masuk dan keluar.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif