Lahan yang awalnya menjadi program pembibitan hewan domba, kini dialihfungsikan warga menjadi kebun buah-buahan. Metro TV
Lahan yang awalnya menjadi program pembibitan hewan domba, kini dialihfungsikan warga menjadi kebun buah-buahan. Metro TV

Primetime News

Lumbung Ternak Wakaf, Program Unggulan ACT Nan Terbengkalai

MetroTV • 06 Juli 2022 02:48
Jakarta: Lumbung Ternak Wakaf merupakan salah satu program andalan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Namun, program yang bertujuan menyejahterakan masyarakat lokal lewat sistem peternakan berbasis wakaf ini terbengkalai.
 
Bukti terbengkalainya program ini dapat terlihat di gubuk bertuliskan program Lumbung Ternak Wakaf di Desa Gadu, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Bangunan yang dipakai sudah terlihat lusuh.
 
Lahan yang awalnya menjadi program pembibitan hewan domba, kini dialihfungsikan warga menjadi kebun buah-buahan. Alasannya, ACT tidak memperpanjang sewa lahan. Pemilik lahan, Wardi, menyebut ambil alih fungsi karena tak ada kabar lanjutan dari pihak ACT. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saya ambil alih fungsi, dengan menanam buah-buahan. Sebelumnya lumbung ternak wakaf dari ACT, tapi tahu-tahunya sudah gak ada (kabar),” ujar Wardi, pada tayangan Primetime News di Metro TV, Selasa, 05 Juli 2022. 
 
Kantor lumbung wakaf yang sempat dibangun ACT terlihat terbengkalai. Sebagian bangunan kandang dan tempat pemotongan hewan rusak. 
 
Program ini dihentikan pada 2020. Namun, ACT tidak merinci alasannya penghentian progran unggulan ini. Berbagai pemborosan dan dugaan penyelewengan dana di pusat dan di daerah membuat keadaan keuangan ACT tersungkur. (Ainun Kusumaningrum) 

 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif