Tim medis hewan memeriksa bangkai gajah yang ditemukan di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh. (ANTARA/HO BKSDA Aceh)
Tim medis hewan memeriksa bangkai gajah yang ditemukan di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh. (ANTARA/HO BKSDA Aceh)

BKSDA Temukan Bangkai Gajah di Hutan Aceh Utara

Antara • 23 Februari 2022 19:07
Aceh: Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menyatakan bangkai satu gajah Sumatra (elephas maximus sumatranus) ditemukan di kawasan hutan produksi di wilayah Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara.
 
Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto mengatakan warga menemukan bangkai gajah jantan yang diperkirakan berusia 10-12 tahun itu pada 20 Februari 2022 pukul 17.00 WIB. BKSDA Aceh menurunkan tim ke lokasi penemuan bangkai gajah setelah menerima laporan dari warga mengenai kejadian itu.
 
Menurut Agus, gading gajah sumatra itu masih utuh, berukuran panjang 66 sentimeter, diameter 19 sentimeter, dan lingkaran pangkal 22 sentimeter. Namun, bekas luka tusukan gading ditemukan pada bagian dada, perut, pangkal paha, dan dekat mata gajah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Bayi Gajah di Aceh Ditemukan Mati
 
"Dugaan sementara, kematian akibat perkelahian sesama gajah liar. Hasil olah tempat kejadian, tidak ditemukan adanya benda-benda mencurigakan," kata Agus.
 
Ia menambahkan, BKSDA sudah mengambil beberapa sampel organ vital gajah untuk pemeriksaan lebih lanjut.
 
Agus mengatakan gajah Sumatra termasuk satwa liar yang dilindungi undang-undang. Dia mengimbau warga mendukung upaya pelestarian satwa tersebut dengan tidak merusak hutan habitat gajah atau memburu dan membunuhnya.

 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif