Kuliner Kalimantan Timur di Jember. Foto: Dok/Metro TV
Kuliner Kalimantan Timur di Jember. Foto: Dok/Metro TV

Kuliner Khas Kalimantan Timur di Jember

MetroTV • 25 Mei 2022 12:57
Jember: Saat ini, untuk menikmati kuliner khas suatu daerah, masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke tempat asalnya. Seperti salah satu makanan khas dari Kota Bontang, Kalimantan Timur, sambal gami yang saat ini dapat dijumpai di Jember, Jawa Timur.
 
Sambal gami merupakan salah satu makanan khas Kota Bontang, Kalimantan Timur. Makanan ini dapat dijumpai di salah satu warung makan sederhana di Jember, Jawa timur. Olahan sambal dengan toping ayam, paru sapi, cumi, ikan, serta beberapa toping lauk lainnya yang sangat unik disajikan dengan cara yang khas. Sajiannya juga sederhana. Sambal diolah di atas api langsung dengan cobek yang terbuat dari tanah liat.
 
Warung ini berdiri di tengah pandemi covid-19 dan banyak digandrungi oleh kalangan mahasiswa, pelajar hingga pekerja. Sedikitnya, 400 porsi dalam sehari habis terjual. Hal ini tidak heran jika warga Jember suka dengan sambal gami karena rasanya yang khas dan pemilik warung menyesuaikan dengan selera lidah warga Jember. Beberapa menu favorit di warung ini dipatok dengan harga Rp10 ribu hingga Rp20 ribu per porsinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sambal ini saya inovasikan dicampur dengan terasi dan saya ciptakan sambal yang dibakar di cobek, sehingga dari aromanya saja sudah bikin orang tertarik,” ujar pemilik warung, Nike dalam program Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Rabu, 25 Mei 2022.
 
Sambal gami cocok dihidangkan dengan nasi hangat serta tambahan minuman es teh dan minuman lainnya. Tidak hanya itu, bagi yang tidak biasa dengan makanan pedas, di warung ini tersedia berbagai tingkat kepedasannya, dari yang sangat pedas hingga tanpa cabai. (Alifiah Nurul Rahmania)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif