Gubernur Sumsel Herman Deru. (Foto: Istimewa)
Gubernur Sumsel Herman Deru. (Foto: Istimewa)

Gubernur Sumsel Minta Warga Tak Menolak Vaksinasi Covid-19

Nasional Virus Korona vaksin covid-19 Pencegahan Covid-19 penanggulangan covid-19
Gonti Hadi Wibowo • 07 Januari 2021 10:43
Palembang: Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru memastikan pihaknya akan segera melakukan vaksinasi covid-19 kepada masyarakat. Ia mengingatkan vaksinasi wajib untuk seluruh masyarakat Sumsel. 
 
"Vaksin ini wajib. Jadi tidak ada alasan masyarakat untuk tidak mau divaksin. Namun untuk saat ini kami akan melakukan vaksinasi skala prioritas sasaran dan skala prioritas ketersediaan," kata Herman, Kamis, 7 Januari 2021.
 
Herman mengatakan kewajiban vaksinasi tersebut berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 4 Tahun 1984 tentang wabah penyakit menular. Regulasi itu bagian dari salah satu tujuan pembangunan nasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Perkembangan teknologi, ilmu pengetahuan, dan lalu lintas internasional, serta perubahan lingkungan hidup dapat memengaruhi perubahan pola penyakit termasuk yang dapat menimbulkan wabah dan membahayakan kesehatan masyarakat serta dapat menghambat pelaksanaan pembangunan nasional,” ungkapnya.
 
Baca juga: Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Sabang
 
Menurutnya, Pemprov Sumsel telah siap untuk melakukan vaksin kepada masyarakat. Saat ini sebanyak 30 ribu dosis vaksin telah tiba di wilayahnya. Namun vaksinasi masih menunggu dua rekomendasi lagi yakni Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
 
"Semua sudah siap. Dikirimnya vaksin ini ke Sumsel karena kita telah menyatakan kesiapan. Termasuk kesiapan gudang vaksin di kabupaten dan kota. Saya mengingatkan untuk dilakukan pengawalan dan pengawasan vaksinasi ini," ungkap dia.
 
Selain vaksinasi kepada masyarakat, lanjut Herman, Pemprov Sumsel juga akan mengeakselerasi tiga aspek lainnya yakni, peningkatan penanganan kesehatan, masalah sosial, dan pemulihan ekonomi.
 
"Percepatan belanja juga kita lakukan. Sebab berdasarkan instruksi Presiden, mulailah lakukan lelang sejak APBD disetujui, jangan banyak pertimbangan. Kita sudah lakukan lelang secara bertahap. Termasuk juga soal distribusi bansos tunai untuk masyarakat juga sudah dilakukan," jelas Herman.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif