Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mempercepat pembangunan enam kisdam atau bendungan penahan air untuk mengantisipasi banjir. (MI/Heri Susetyo)
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mempercepat pembangunan enam kisdam atau bendungan penahan air untuk mengantisipasi banjir. (MI/Heri Susetyo)

Sidoarjo Kebut Pembangunan 6 Kisdam Antisipasi Banjir

Nasional banjir antisipasi banjir Bencana Banjir Penanggulangan Bencana Mitigasi Bencana Sidoarjo Jawa Timur
Media Indonesia.com • 23 November 2021 12:22
Sidoarjo: Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mempercepat pembangunan enam kisdam atau bendungan penahan air untuk mengantisipasi banjir. 
 
Enam kisdam itu dibangun di tiga desa yaitu Desa Kedung Banteng, Banjar Asri, dan Banjar Panji. Desa-desa tersebut merupakan wilayah langganan banjir setiap tahun karena topografinya yang rendah cenderung cekung.
 
"Kita bikin enam titik kisdam. Sekarang tahap pengerjaan. Ya kebut-kebutan lah, saya akan cek terus," kata Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor, Selasa, 23 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Muhdlor, rencananya ada 30 pompa air yang akan disebar di enam kisdam tersebut. Diharapkan dari titik-titik kisdam itu bisa mencegah atau meminimalisasi banjir.
 
"Air yang disedot harus dibuang ke luar areal mangkok (cekungan) agar tidak kembali," lanjutnya.
 
Baca juga: Polisi Awasi Perjudian Saat Pilkades di Malang
 
Muhdlor mengungkapkan pompa-pompa air tersebut sudah disiapkan dari sejumlah instansi seperti dari Dinas Pekerjaan Umum dan BPBD. Ia juga meminta mesin pompa ke provinsi, termasuk menggalang kerja sama dengan kepala daerah sekitar seperti Pasuruan untuk memastikan kesiapan pompa.
 
Pemkab Sidoarjo juga menggandeng tim dari Institut Teknologi Surabaya (ITS) untuk memetakan solusi dan mengambil langkah paling optimal. Yakni mencari opsi-opsi jangka pendek dan jangka menengah untuk atasi banjir.
 
"BMKG telah menyampaikan prakiraan cuaca bahwa pada awal Desember akan ada kenaikan gelombang rob sekitar setinggi sekitar 1,3 meter. Pada Desember, curah hujan juga akan tinggi, berbagai persiapan dilakukan Pemkab Sidoarjo untuk mengantisipasi dampak fenomena alam tersebut," jelas Muhdlor. (Heri Susetyo)
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif