Bansos dari Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos diserahkan kepada lansia terdampak covid-19. (Foto: Renjana Pictures)
Bansos dari Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos diserahkan kepada lansia terdampak covid-19. (Foto: Renjana Pictures)

Ribuan Lansia Terdampak Covid-19 di Pulau Jawa Terima Bansos Kemensos

Nasional Berita Kemensos
Gervin Nathaniel Purba • 02 Juli 2020 15:10
Surabaya: Ribuan paket bantuan sosial (bansos) disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) kepada orang lanjut usia (lansia) di sejumlah daerah di Pulau Jawa.
 
Di Jawa Timur, dua ribu lansia terdampak covid-19 menerima bansos. Mereka mendapat usulan dari Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Jawa Timur.
 
Bansos dari Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos ini diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa kepada lansia penerima bantuan di Gedung Grahadi, Kantor Gubernur Provinsi Jawa Timur, Rabu, 1 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyerahan bantuan dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Alwi, para pejabat struktural Pemprov Jawa Timur, serta LKS Lanjut Usia.
 
Ribuan Lansia Terdampak Covid-19 di Pulau Jawa Terima Bansos Kemensos
(Foto: Renjana Pictures)
 
Bansos berupa paket sembako sebanyak dua ribu paket yang terbagi dalam 20 LKS Lanjut Usia, di 11 kabupaten/kota. Setiap paket bantuan terdiri dari beras 10 kg, biskuit satu kaleng, mie instant empat bungkus, dan satu botol jus.
 
Pada kesempatan itu, Khofifah menjelaskan bahwa lansia sangat rentan terhadap covid-19, sehingga lansia harus dilindungi dan diimbau jangan keluar rumah.
 
"Bantuan yang diberikan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap lansia. Khususnya di Jawa Timur. Semoga bantuan sembako yang diberikan memberikan manfaat bagi lansia yang menerima," ujar Khofifah, dikutip keterangan tertulis, Kamis, 2 Juli 2020.
 
Khofifah mengapresiasi peran Kemensos, Dinas Sosial Jawa Timur, dan semua pihak yang turut membantu penyaluran bantuan kepada lansia di Jawa Timur.
 
Penyerahan bantuan paket sembako juga dilakukan di wilayah Pulau Jawa lainnya. Di Semarang berlangsung pada 30 Juni.
 
Ribuan Lansia Terdampak Covid-19 di Pulau Jawa Terima Bansos Kemensos
(Foto: Renjana Pictures)
 
Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos juga menyalurkan bantuan paket sembako untuk lanjut usia terdampak pandemi covid-19 sebanyak seribu paket di Jawa Tengah. Terbagi ke 20 LKS Lanjut Usia di 15 kabupaten/kota.
 
Setiap paket bantuan terdiri atas beras 10 kg, biskuit satu kaleng, mie instant empat bungkus, jus satu botol dan alat pelindung diri (APD) dalam bentuk handsanitizer dan dua masker.
 
Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dinas Sosial Jawa Tengah Harso Susilo kepada Perwakilan LKS Lanjut Usia, di Kantor Dinas Provinsi Jawa Tengah, pada Selasa, 30 Juni.
 
Penyerahan bantuan dihadiri oleh Kepala BBRSPDF Dr Soeharso Surakarta Heri Kris Sritanto, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Jawa Tengah Heksa Sari Ratna Dewi, serta LKS Lanjut Usia.
 
Pada kesempatan itu, Harso Susilo menyampaikan bahwa sebanyak seribu lansia diusulkan oleh 20 LKS Lanjut Usia di Jawa Tengah merupakan lansia yang terdampak covid-19. LKS diharapkan segera mendistribusikan kepada lansia sesegera mungkin.
 
Ribuan Lansia Terdampak Covid-19 di Pulau Jawa Terima Bansos Kemensos
(Foto: Renjana Pictures)
 
Pemberian paket sembako untuk lansia juga dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pemberian sembako dilakukan oleh Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (B2P3KS) Yogyakarta Oetami Dewi mewakili Direktorat Lanjut Usia, Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos
 
Paket sembako terdiri dari 750 paket dan APD ini akan didistribusikan ke 19 LKS yang berada di kawasan DIY.
 
Oetami Dewi menyerahkan bansos sembako melalui LKS Sekaringtyas-Banguntapan, Bantul; LKS Maju Sejahtera-Potorono, Banguntapan, Bantul; dan LKS Tirtowening-Kadisono, Tegaltirto, Berbah, Sleman.
 

(ROS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif