Bupati Klungkung Bali, I Nyoman Suwirta saat meluncurkan garam di Banjar Tribuana Desa Kusamba, Klungkung. Istimewa
Bupati Klungkung Bali, I Nyoman Suwirta saat meluncurkan garam di Banjar Tribuana Desa Kusamba, Klungkung. Istimewa

Pemkab Klungkung Luncurkan Garam Beryodium Kusamba

Nasional garam
Medcom • 23 Juli 2020 14:37
Klungkung: Pemerintah Kabupaten Klungkung meluncurkan garam Kusamba beryodium di Banjar Tribuana, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Rabu, 22 Juli 2020. Garam diklaim diproduksi secara tradisional, diolah, dan dikemas secara modern.
 
"Sehingga menghasilkan garam yang bermanfaat bagi kesehatan dengan kandungan yodiumnya," kata Bupati Klungkung Bali, I Nyoman Suwirta, Rabu, 22 Juli 2020 di Banjar Tribuana Desa Kusamba, Klungkung.
 
Suwirta mengatakan garam Kusamba merupakan salah satu hasil komoditi utama yang memiliki keunggulan dan karakteristik sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Hal itu juga sekaligus menyejahterakan petani di daerah Kusamba, Klungkung. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu garam Kusamba juga sudah mendapatkan izin edar BPPOM. "Sehingga garam Kusamba sudah boleh beredar di pasar Indonesia,” Jelas Suwirta.
 
Suwirta berharap kepada generasi muda Desa kusamba dapat ikut berperan dalam melestarikan, memproduksi, dan memasarkan garam Kusamba. 
 
"Mari Manfaatkan Garam yang merupakan Produk sendiri, sesuai anjuran Presiden RI Joko Widodo, mengenai bangga menggunakan Produk lokal," ajak Bupati Klungkung kepada masyarakat Klungkung. 
 
Sementara itu, Manajer Koperasi Lembaga Ekonomi Produktif Pesisir Mina Segara Dana, I Gusti Nyoman Sadi Ari Putra mengatakan siap mengelola garam Kusamba. 
 
Garam beryodium dengan label Uyah Kusamba Gema Santi itu dijual Rp 5 ribu per 250 gram. Sedangkan untuk bahan baku garam, pihak koperasi membeli dari petani garam di desa setempat Rp 10 ribu per kilogram. 
 
"Dalam sebulan, diperkirakan mampu produksi garam beryodium sekitar 14 ton atau 12. 000 pcs, masing-masing 250 gram," ujar Sadi.

 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif