Kereta Bandara Adi Sumarmo. (Foto: ANTARA/Aris Wasita)
Kereta Bandara Adi Sumarmo. (Foto: ANTARA/Aris Wasita)

Rute Kereta Bandara Adi Sumarmo Diperpanjang

Nasional kereta bandara pt kai
Antara • 11 Februari 2020 17:41
Solo: PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperpanjang rute kereta api (KA) bandara Adi Soemarmo, Surakarta, hingga ke Stasiun Klaten, Jawa Tengah. Perpanjangang rute menyusul tingginya potensi jumlah penumpang dari daerah tersebut.
 
"Sore ini kami rapatkan untuk evaluasi, harapannya dapat masukan banyak terkait perpanjangan rute ini," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan, Danto Restyawan, di Stasiun Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Selasa, 11 Februari 2020.
 
KA bandara sebelumnya hanya melayani rute Solobalapan-Bandara Adi Soemarmo. Meski demikian, dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat, rute diperpanjang agar bisa melayani penumpang dari Stasiun Purwosari dan Stasiun Klaten.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Banyak penumpang dari Klaten dan Purwosari. Lagi pula kalau kami hanya melayani dari Stasiun Solobalapan ke BIAS (Bandara Internasional Adi Soemarmo) tidak bisa dikenakan PSO (tarif subsidi) sebab kebanyakan penumpang dari kalangan mampu," katanya.
 
Menurut Danto, perpanjangan rute memungkinkan KA bandara diberikan tarif subsidi. Sehingga kalangan pengguna tak terbatas pada masyarakat mampu.
 
"Jadi KA ini bisa untuk semua orang. Nanti kami evaluasi. Ada batas maksimumnya, berapa yang layaknya. Kisaran (tarif) belum, tentunya akan terjangkau," jelasnya.
 
Ia menambahkan pada uji coba rute Stasiun Klaten-Bandara Adi Soemarmo, untuk jarak tempuhnya sepanjang 43 kilometer dengan waktu sekitar satu jam. Kereta dengan kapasitas sekitar 250 penumpang itu akan berhenti di setiap stasiun, antara lain Stasiun Purwosari, Stasiun Solobalapan, dan Stasiun Kadipiro.
 
Danto menyebut tidak menutup kemungkinan ke depan jumlah armada KA Bandara akan ditambah untuk meminimalisasi waktu tunggu para penumpang. Saat ini hanya dua rangkaian saja yang dioperasikan sebagai KA bandara.
 
"Ini kami sedang cari armada lain agar waktu tunggu tidak terlalu lama," pungkasnya.
 

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif