Atap bangunan Pendopo di Kantor Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta runtuh pada Rabu, 14 Agustus 2019. Ahmad Mustaqim.
Atap bangunan Pendopo di Kantor Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta runtuh pada Rabu, 14 Agustus 2019. Ahmad Mustaqim.

Atap Pendopo Kantor Bupati Bantul Runtuh

Nasional bangunan ambruk
Ahmad Mustaqim • 14 Agustus 2019 19:45
Bantul: Atap bangunan Pendopo di Kantor Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta runtuh pada Rabu, 14 Agustus 2019. atap yang rusak ini berada di sisi utara.Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Bantul, Bobot Ariffin Aidin, mengatakan rusaknya atap itu diperkirakabn karena faktor usia bangunan.
 
"Usianya mungkin sudah lama ya. Ada kelelawar juga yang hidup di atas," kata Ariffin di Bantul.
 
Arifin menjelaskan ak ada korban dalam peristiwa tersebut. Sebab peristiwa itu terjadi di saat para pegawai sedang istirahat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, sejumlah kayu yang jadi penyangga atap itu sebagian telah keropos. Meskipun, ia belum memastikan persentasi kayu yang sudah termakan usia itu. Seingat Ariffin, bangunan itu diperbaiki pada medio 1994 silam.
 
Pihak pemerintah setempat memasang garis pembatas di sekitar bangunan itu. Ini dilakukan agar tak ada orang yang melintas atau berada di bawah bangunan yang berbahaya.
 
"Kami akan periksa nanti. Setelah diketahui, bangunan akan diperbaiki," jelas Erifin.
 
Sementara Bupati Bantul Suharsono, mengatakan akan memindah sebagian kegiatan pemerintahan di Kompleks Kantor Pemkab Bantul yang berada di kawasan Manding. Pemindahan ini dilakukan hingga bangunan di kompleks kantor bupati selesai di perbaiki.
 
Suharsono akan meminta perbaikan bangunan itu menggunakan elemen kayu jati. "Kayu jatinya yang sudah berusia tua, jadi tahan lama bangunannya," kata Suharsono.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif