Ilustrasi, navigasi udara. (ANt/Yudhi Mahatma)
Ilustrasi, navigasi udara. (ANt/Yudhi Mahatma)

Pengelolaan Ruang Udara Kepri dari Singapura Ditarget Selesai Tahun Ini

Nasional penerbangan indonesia-singapura
Anwar Sadat Guna • 15 Agustus 2019 12:00
Batam: Pemerintah masih berupaya mengambil alih pengaturan ruang udara/lalu lintas penerbangan atau Flight Information Region (FIR) dari Singapura. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan targetnya tahun ini FIR diambil alih.
 
"Komunikasi terus kami lakukan dengan Singapura," ungkap Menteri Budi usai menghadiri Kesepakatan Kerja Sama dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Hang Tahap III, di Hang Nadim Batam, Kamis, 15 Agustus 2019.
 
Budi mengatakan pemerintah intens berkomunikasi dengan Singapura untuk mengambil alih FIR. Pemerintah pun tengah menyiapkan segala peralatan dan sumber daya manusia untuk mengelola FIR.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemerintah sudah menyiapkan. Kami upayakan FIR dapat kita ambil alih pada tahun ini," tegasnya.
 
Baca:Pengambilalihan FIR dari Tangan Singapura Dipercepat
 
Ruang udara wilayah Indonesia, khususnya Batam, Tanjungpinang, Karimun, Natuna di Provinsi Kepulauan Riau masih dikuasai Singapura. Menhub mengaku telah mengirim surat ke mitra di Singapura untuk membahas perihal proposal Indonesia terkait pengambilalihan FIR.
 
"Komunikasi dan proses negosiasi dengan Singapura terus dilakukan dan terus memgalami kemajuan," akunya.
 
Wacana pemgambilalihan FIR di kawasan Kepulauan Riau mencuat setelah Presiden Joko Widodo menargetkan pemerintah akan menguasai kembali FIR Kepri dan Natuna. Jokowi menargetkan negosiasi rampung akhir 2019.
 
Selama ini, ruang udara di kepulauan Natuna dikelola Malaysia dan Singapura. Hal ini terjadi karena penetapan kavling pelayanan navigasi udara oleh International Civil Aviation Organization (ICAO) terbentuk sebelum Indonesia merdeka.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif