NEWSTICKER
Satgas Tim Saber Pungli Provinsi Sulawesi Selatan saat melakukan sidak di SMA Negeri 1 Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu 3 Juli 2019. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin
Satgas Tim Saber Pungli Provinsi Sulawesi Selatan saat melakukan sidak di SMA Negeri 1 Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu 3 Juli 2019. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin

Tim Saber Pungli Sulsel Sidak Dua Sekolah di Makassar

Nasional pungli Sistem Zonasi PPDB 2019
Muhammad Syawaluddin • 03 Juli 2019 19:29
Makassar: Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) inspeksi di dua sekolah di Kota Makassar. Tim Saber Pungli mendapat laporan masyarakat terkait dugaan permintaan uang saat penerimaan peserta didik baru (PPDB).
 
"Kami mengklarifikasi atas adanya laporan dari masyarakat terkait permintaan dana saat PPDB," kata Ketua Pelaksana Unit Pemberantasan Pungli Provinsi Sulsel Kombes Pol Robert Haryanto, saat ditemui di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu 3 Juli 2019.
 
Pihaknya mendatangi dua sekolah yang diindikasi meminta dana ke orang tua siswa saat pendaftaran. Satu sekolah merupakan sekolah negeri, sedangkan satu sekolah lainnya berstatus swasta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pungutan uang dalam penerimaan siswa dilarang. Pungutan tidak boleh berkedok atau dengan alasan apapun. Karena itu, tim Saber Pungli memastikan laporan masyarakat yang masuk.
 
Tim Saber Pungli belum langsung menindak. Tahap awal hanya mengklarifikasi dan mengimbau sekolah lain untuk tidak melakukan hal serupa.
 
"Kalau setelah ini masih ada laporan dan praktik pungutan liar maka kami akan lakukan operasi tangkap tangan atau penindakan terhadap siapapun yang melakukan itu," jelasnya.
 
Dari informasi yang didapat Tim Saber Pungli Provinsi Sulawesi Selatan, beberapa sekolah di Kota Makassar yang mencoba meminta uang dair orang tua siswa. Bahkan, nominal pungutan sudah ditentukan pihak sekolah.
 

 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif