Kapal pengawas KN. Korase saat melakukan patrol di perairan Jayapura setalah diresmikan di Galangan Kapal, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Papua. Medcom.id/Roy Ratumakin
Kapal pengawas KN. Korase saat melakukan patrol di perairan Jayapura setalah diresmikan di Galangan Kapal, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Papua. Medcom.id/Roy Ratumakin

DKP Papua Datangkan Kapal Khusus Pengawas Ikan

Nasional pencurian ikan
Roylinus Ratumakin • 13 Desember 2019 19:45
Jayapura: Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Papua, FX. Mote mengaku optimis dengan kehadiran kapal pengawas KN. Korase diyakini meminimalisasi upaya pencurian ikan di Wilayah Pegelolaan Perikanan (WPP) 1717.
 
Kapal pengawas KN. Korase tersebut merupakan hibah Pemerintah Pusat kepada DKP Papua, melalui dana DAK 2019.
 
"Kami yakin kapal ini bisa meminimalisasi penangkapan ikan secara liar maupun pengambilan ikan tidak sesuai ijin penangkapan," kata Mote disela-sela peresmian kapal pengawas KN. Korase, di Galangan Kapal Dinas Kelautan dan Perikanan Papua, Dok VII, Jayapura, Jumat, 13 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mote menjelaskan kapal tersebut mampu beroperasi dengan kecepatan maksimal 50 knot per jam dan kapal tersebut juga dilengkapi peralatan modern seperti GPS yang melacak letak karang dan dipastikan tak bakal kehilangan arah.
 
Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua Muhammad Musa’ad berharap kehadiran kapal pengawas tersebut, dapat meminimalisari angka pencurian ikan di wilayah Bumi Cenderawasih.
 
"Memang idealnya mesti ada empat kapal pengawas di Papua. Namun, satu kapal yang sudah ada, kami harap bisa menekan pencurian ikan di wilayah peraian Papua," ujar Musa’ad.
 
Musa’ad kembali mengatakan kehadiran kapal pengawas modern tersebut menjadi awal yang baik untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Papua di bidang kelautan dan perikanan.
 
Pihaknya pun mengimbau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya di Papua agar membuat terobosan nyata serupa, agar seluruh kekayaan alam di Papua, dapat dicegah dari upaya pencurian.
 
"Kekayaan alam Papua tidak di laut saja, tapi juga di hutan seperti kayu dan pertambangan serta masih banyak lagi. Saya harap OPD lain ikut berinovasi untuk misi serupa," jelas Musa’ad.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif