Ilsutrasi. Wisatawan turun dari kapal di pelabuhan Karimunjawa Medcom.id/ Rhobi
Ilsutrasi. Wisatawan turun dari kapal di pelabuhan Karimunjawa Medcom.id/ Rhobi

Sambut Natal dan Tahun Baru, Pelayaran di Jepara Siap Ditambah

Nasional tahun baru natal natal dan tahun baru
Rhobi Shani • 02 Desember 2019 15:33
Jepara: Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, telah menyiapkan antisipasi lonjakan penumpang kapal pada musim libur Natal dan tahun baru (Natru). Itu dengan memberlakukan tambahan jadwal pelayaran sewaktu-waktu.
 
Kepala Bidang Perhubungan Laut pada Dinas Perhubungan, Suroto, mengatakan dispensasi tambahan penumpang kapal tidak diterbitkan. Namun, jadwal tambahan pelayaran akan diberlakukan apa bila ada calon penumpang sedikitnya 40 persen dari kapasitas penumpang kapal cepat yang belum terangkut.
 
“Minimal ada 100 orang yang belum terangkut, maka jadwal pelayaran tambahan akan dikeluarkan,” ujar Suroto ditemui di Pelabuhan Penyebrangan Kartini, Jepara, Senin, 2 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, pada musim libur Nataru terjadi lonjakan penumpang kapal dari Jepara ke kepulauan Karimunjawa. Lonjakan penumpang kapal mulai nampak pada pekan ke tiga Desember.
 
“Kami juga sudah menyiapkan ruangan untuk penumpang-penumpang yang tidak terangkut untuk sekadar istirahat,” kata Suroto.
 
Pada musim libur Nataru kali ini tidak ada kenaikan harga tiket kapal penyeberangan. Loket pembelian tiket juga tidak ditambah. Meski begitu, Dishub Jepara tetap akan mendirikan posko mandiri.
 
“Semua sama tidak ada tuslah. Setelah tanggal 20 biasanya mulai nampak lonjakan penumpang,” ungkap Suroto.
 
Berkait kondisi gelombang laut, Suroto, menambahkan sampai saat ini masih aman untuk pelayaran. Setiap hari pihaknya berkoordinasi dengan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Prakiraan kondisi cuaca disampaikan setiap hari.
 
“Sekarang ini masih bagus. Tapi kalau nanti muncul gelombang saya himbau kepada masyarakat untuk tidak memaksakan menyebrang,” imbau Suroto.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif