Tangkapan layar citra satelit cuaca yang dilaporkan BMKG melalui laman resmi, Senin (19/9/2022) (ANTARA/Andi Firdaus).
Tangkapan layar citra satelit cuaca yang dilaporkan BMKG melalui laman resmi, Senin (19/9/2022) (ANTARA/Andi Firdaus).

Cuaca di Sejumlah Kota Besar Tanah Air Diprediksi Cerah Berawan

Antara • 19 September 2022 08:37
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sejumlah kota besar di Indonesia cerah berawan, Senin, 19 September 2022.
 
Dilansir dari laman www.bmkg.go.id di Jakarta, situasi cuaca untuk kota besar di Pulau Sumatra, seperti Kota Banda Aceh dan Kota Bandar Lampung diprediksi cerah berawan dan Kota Medan berkabut.
 
Kota Padang, Bengkulu, Palembang dan Pangkal Pinang diprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan. Waspadai hujan berintensitas sedang hingga deras di Kota Tanjungpinang dan Jambi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beralih ke Pulau Jawa, cuaca di Jakarta diperkirakan cerah Berawan, Kota Serang, dan Kota Semarang diperkirakan berawan. Kota Bandung dan Yogyakarta diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan, Sedangkan Kota Surabaya diperkirakan cerah.
 
Untuk wilayah Kalimantan, Kota Pontianak, Kota Palangkaraya, Kota Tanjung Selor, dan Kota Samarinda diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan. Masyarakat di sekitar Kota Banjarmasin waspadai hujan yang disertai petir.
 
Baca juga: BMKG Peringatkan Potensi Hujan Lebat Sejumlah Wilayah di Indonesia

Situasi cuaca Pulau Bali dan Nusa Tenggara secara umum berawan, di antaranya di Kota Denpasar dan Kota Kupang. Sedangkan Kota Mataram diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan.
 
Kondisi cuaca di Pulau Sulawesi, diperkirakan berawan, di antaranya Kota Manado, Gorontalo, dan Kota Makassar. Sedangkan Kota Kendari, Mamuju dan Kota Palu diprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan.
 
Untuk wilayah Maluku dan Papua, Kota Ternate, Kota Ambon dan Kota Manokwari diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas ringan, Sedangkan untuk kota Jayapura prediksi berawan.
 
Sementara itu, hasil analisis BMKG terdapat sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia Barat, Sumatera Barat, hingga Bengkulu.
 
Situasi itu membentuk daerah konvergensi yang memicu pertumbuhan awan hujan di sekitar kawasan yang dilalui.
 
Suhu rata-rata di kawasan perkotaan berkisar mulai dari 20 hingga 34 derajat Celcius dengan kelembapan mencapai 50 hingga 100 persen.

 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif