Jelang Tahun Baru Imlek 2574, tim penjinak bom (jibom) melakukan sterilisasi di beberapa vihara di Kota Tangerang.
Jelang Tahun Baru Imlek 2574, tim penjinak bom (jibom) melakukan sterilisasi di beberapa vihara di Kota Tangerang.

Penjinak Bom Sterilisasi Vihara di Kota Tangerang

Hendrik Simorangkir • 21 Januari 2023 20:04
Tangerang: Jelang Tahun Baru Imlek 2574, tim penjinak bom (jibom) melakukan sterilisasi di beberapa vihara di Kota Tangerang. Jibom diturunkan guna memastikan tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
 
Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Zain Dwi Nugroho mengatakan, terdapat empat vihara yang dilakukan sterilisasi, yakni Vihara Boen Tek Bio di Kecamatan Tangerang, Vihara Nimmala Boen San Bio di Kecamatan Karawaci, Vihara Yang Sen Bio di Kecamatan Neglasari, dan Vihara Hok Tek Bio di Kecamatan Teluknaga.
 
"Sebelum melakukan kegiatan peribadatan sterilisasi dilaksanakan oleh Jibom Gegana Polda Metro Jaya, tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk gangguan kamtibmas," ujarnya, Sabtu, 21 Januari 2023.
 
Baca: Polresta Pangkalpinang Kerahkan 114 Personel Amankan 20 Kelenteng Saat Imlek

Zain menuturkan, selama sterilisasi tidak ditemukan potensi kerawanan termasuk tidak adanya benda yang mencurigakan seperti bom maupun bahan peledak lain dan situasi kondusif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pengamanan kita lakukan secara humanis dan persuasif. Mulai dari skema parkir hingga pemeriksaan barang bawaan umat, supaya pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik," katanya.
 
Sementara, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menjelaskan, pengecekan pengamanan telah dilakukan pihak Polri bersama TNI di beberapa vihara yang ada di Kota Tangerang. Hal tersebut dilakukan agar umat yang merayakan dapat khusyuk melaksanakan ibadah.
 
"Mudah-mudahan hari ini kepada saudara kita yang merayakan Tahun Baru Imlek, bisa berjalan dengan aman dan kondusif," kata Arief.
 
Saat melakukan monitoring di Vihara Boen Tek Bio dan Boen San Bio, Arief menambahkan, umat yang datang untuk beribadah ternyata tidak hanya dari Kota Tangerang, melainkan dari luar wilayahnya.
 
"Tadi kita cek, tidak semua umat yang beribadah dari Kota Tangerang, ada yang dari Tangerang Selatan, Jakarta Barat, dan lainnya. Mudah-mudahan Tahun Baru Imlek ini, menjadi semangat keberkahan dan kesuksesan kita semua," jelasnya.
 
"Toleransi di Kota Tangerang, Alhamdulillah semua kondusif tidak ada apa-apa. Kita hidup bersama-sama, satu saudara di Kota Tangerang," imbuhnya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif