Spanduk parkir gratis Indomaret Bekasi. (foto: Twitter)
Spanduk parkir gratis Indomaret Bekasi. (foto: Twitter)

Pemkot Bekasi Dukung Parkir Gratis di Indomaret, Depok Kapan?

Adri Prima • 30 Oktober 2021 13:07
Jakarta: Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Jawa Barat, menanggapi terkait viralnya pemberitaan spanduk parkir gratis Indomaret di wilayahnya. Pemerintah daerah (pemda) mendukung semua pungutan liar parkir dilaporkan ke pihak berwajib atau kepolisian.
 
Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkot Bekasi, Sajekti Rubiah menjelaskan, parkir merupakan jenis Pandapatan Asli Daerah (PAD) baik berupa pajak maupun retribusi yang legal dan diatur secara resmi dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah. 
 
Pemda berhak menerima PAD atas parkir tersebut sepanjang sudah menetapkan ketentuan tersebut dalam Peraturan Daerah (Perda) baik dari sisi objek pajak, subjek pajak maupun tarif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sajekti mengungkapkan, beberapa hal mengenai pengelolaan parkir di Kota Bekasi diantaranya aspek legalitas mengacu pada Perda No 11 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Retribusi Parkir dan Terminal. Kemudian Perda No 10 Tahun 2020 tentang Pajak Daerah, dan KEPWAL 974 Tahun 2019 tentang penetapan titik retribusi parkir di bahu jalan di Kota Bekasi.
 
"Penjelasan ini menjawab mengenai viralnya pemberitaan parkir gratis Indomaret di Kota Bekasi. Bila sesuai dengan ketentuan dalam Perda dimaksud, hal ini sebuah potensi PAD, mengingat saat ini jumlah minimarket di Kota Bekasi sangat signifikan. Indomaret sebanyak 447, Alfamart sebanyak 358, dan Alfamidi sebanyak 101 sehingga ditotal sebanyak 906 minimarket," ungkap Rabekti. 
 
Dukungan Pemkot Bekasi terkait parkir gratis di minimarket ternyata juga mengundang respon netizen asal Depok yang berharap hal tersebut juga diterapkan di kota mereka. 
 
"Setuju nggak diterapkan di Depok?" cuit @infodepok_id.
 
"Indomaret udah jelas-jelas ada tulisan parkir gratis, masih ada aja yang bebal markirin. Pakai rompi kamtibnas Depok lagi. ckckck," timpal @ekky_***.
 
Tak hanya itu, beberapa netizen asal Depok juga mengakui ada gerai Indomaret di Depok yang sebenarnya sudah memasang informasi/tulisan parkir gratis. Namun pada kenyataannya tetap ada tukang parkir. 
 
"Dear @Indomaret saya mau tanya, kenapa Indomaret di Jl Raden Sanim Depok yang sebelumnya, bahkan bertuliskan gratis parkir tiba-tiba muncul tukang parkir?" tanya @Riri***.
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif