Bupati Jepara Dian Kristiandi mendampingi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat kunjungan di Karimunjawa. Medcom.id/ Rhobi Shani.
Bupati Jepara Dian Kristiandi mendampingi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat kunjungan di Karimunjawa. Medcom.id/ Rhobi Shani.

Pariwisata Karimunjawa Dibuka, Penerbagangan Segera Diujicobakan

Nasional Pariwisata pandemi covid-19 Ganjar Pranowo
Rhobi Shani • 10 September 2021 15:23
Jepara: Aktivitas pariwisata di kepulauan Karimunjawa mulai kembali bergeliat. Pelayaran dari Jepara ke Karimunjawa untuk wisatawan telah kembali beroperasi sejak sepekan lalu. Dalam waktu dekat penerbangan ke Bandara Dewandaru Karimunjawa akan diujicobakan.
 
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan keberadaraan bandara yang resmi beroperasi sejak 2018 itu sebagai jalur alternatif wisata ke Karimunjawa. Namun, sejak pandemi covid-19, bandara sempat tidak melayani penerbangan karena minimnya wisatawan dan berbagai kebijakan dalam penanganan covid-19.
 
“Bandara yang sudah siap, saya usulkan kita membuka ujicoba wisata terbatas dengan kategori ujicoba. Harapannya kalau perusahaan penerbangan bisa diajak ujicoba, maka yang dari Jakarta, Bali dan dari Surabaya bisa datang ke Karimunjawa,” ujar Ganjar kepada awak media di Karimunjawa, Jumat, 10 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Diduga Stres Jalani Ospek, Remaja di Tangerang Tembak Kepala Sendiri
 
Dengan dibukanya sekotor pariwisata, diharapkan ekonomi masyarakat bisa segera pulih. Sebab, sektor pariwisata menjadi nadi masyarakat wilayah terluar Kabupaten Jepara itu. Namun, harus tetap mengutamakan protokol kesehatan.
 
“Dengan cara itu ekonomi mulai bergerak lagi dengan prokes ketat,” kata Ganjar.
 
Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengatakan kesiapan membuka kembali pariwisata Karimunjawa diantaranya dengan pemeriksaan berlapis. Dimana wisatawan yang hendak menyebrang ke Karimunjawa harus menunjukan surat hasil tes rapid antigen. Juga menunjukan kartu vaksin. Pemeriksaan suhu badan dilakukan saat di pelabuhan dan di tempat-tempat wisata.
 
“Pariwisata sudah siap. Jadwal pelayaran kapal dari Jepara akan kami tambah, tentu dengan syarat utama protokol kesehatan. Untuk penerbangan, saya juga sudah komunikasi dengan Bandara Ahmad Yani Semarang, mungkin minggu depan sudah dimulai penerbangan Semarang-Karimunjawa,” ujar Dian.
 
*Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif