Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Gubernur DIY tak Persoalkan Karantina di Perkampungan

Nasional Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 30 Maret 2020 17:28
Yogyakarta: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X tak mempersoalkan banyaknya perkampungan yang melakukan karantina mandiri. Menurut dia, langkah warga itu untuk memudahkan pendataan dan kontrol penduduk, khususnya yang baru masuk dari wilayah lain.
 
“Sebenarnya masih ada minimal satu akses jalan di perkampungan yang dibuka. Prinsipnya seperti itu. Bagi mereka, aktivitas di luar rumah dikurangi, bukan berarti melarang,” kata Sri Sultan, di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin, 30 Maret 2020.
 
Secara pribadi, kata Sultan, ia setuju di perkampungan maupun pedesaan harus dilakukan penutupan di sejumlah titik. Sistem kontrol satu jalur bisa membantu mengidentifikasi siapa penduduk yang datang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Bagi saya no problem. Ini karena mereka bisa tahu, siapa yang datang dan siapa saja keluarganya,” ungkapnya.
 
Baca juga:Pemkot Solo Siapkan Tempat Karantina untuk Pemudik
 
Disisi lain, tak ada larangan warga melakukan aktivitas di luar. Artinya, warga masih bisa bekerja atau memenuhi kebutuhan sehari-hari.
 
“Ada kalimat yang mengatakan, kalau merasa tak sehat, periksa ke rumah sakit atau puskesmas. Kalau perlu masak di rumah, bisa belanja (ke luar),” ujarnya.
 
Ia mengingatkan agar warga tak sebatas menutup akses-akses jalan. Masyarakat juga perlu diingatkan untuk menghindari keramaian.
 
“Itu bukan lockdown. Lockdown itu enggak boleh keluar atau masuk. Yang memerintahkan lockdown harus memberi makan, memberi fasilitas. Kalau itu dilakukan, ekonomi akan hancur, kita tak akan lakukan itu," jelasnya
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif