Jembatan Youtefa atau jembatan merah di Papua. (Foto: Medcom.id/Roylinus)
Jembatan Youtefa atau jembatan merah di Papua. (Foto: Medcom.id/Roylinus)

Papua Bangga Jembatan Youtefa 'Bertengger' di Uang Khusus Rp75 Ribu

Nasional hut ri hut kemerdekaan 75 Tahun Indonesia Merdeka Uang Khusus
Roylinus Ratumakin • 17 Agustus 2020 17:52
Jayapura: Pemerintah Provinsi Papua menyatakan kebanggaannya atas peluncuran uang khusus Rp75 ribu yang diluncurkan Bank Indonesia memperingati 75 tahun Kemerdekaan RI. Pasalnya Jembatan Youtefa atau jembatan merah yang menghubungkan wilayah Holtekamp dan Hamadi, tertera dalam pecahan baru tersebut.
 
“Orang Papua harus bangga sebab pada uang tersebut ada gambar jembatan Holtekamp,” kata Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, di gedung utama kantor Gubernur Papua, Senin, 17 Agustus 2020.
 
Menurut dia, penyertaan ikon Jembatan Youtefa pada uang tersebut menandakan Indonesia adalah milik bersama. Tidak ada perbedaan antardaerah maupun antarsuku sebab semuanya terbingkai dalam Bhinneka Tunggal Ika. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Ganjar Pamer Uang Rp75 Ribu Pecahan Baru
 
“Hanya itu yang bisa buat kita orang Indonesia maju. Saya mau katakan pada semua orang di seluruh Indonesia, kalau mau maju harus setia kawan, tanpa membedakan status sosial dan agama dari Aceh sampai Papua,” tegasnya.
 
Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun Republik Indonesia merupakan uang rupiah khusus keempat yang diluncurkan pemerintah dan Bank Indonesia (BI). UPK 75 Tahun RI ini berupa uang lembaran kertas dengan pecahan Rp75 ribu.
 
Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan peluncuran uang khusus Rp75 ribu dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI. Bank sentral bahkan berencana mengeluarkan uang rupiah khusus peringatan kemerdekaan RI setiap 25 tahun sekali.
 
"Ke depan insyaallah pengeluaran uang peringatan kemerdekaan akan dilakukan setiap 25 tahun sekali," ujar Perry dalam kata sambutan peluncuran UPK 75 Tahun RI secara virtual, Senin, 17 Agustus 2020.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif