Ilustrasi covid-19. (medcom.id)
Ilustrasi covid-19. (medcom.id)

Kota Tangerang Masih Nihil Omicron

Nasional pandemi covid-19 Kota Tangerang Omicron Varian Omicron
Hendrik Simorangkir • 05 Januari 2022 17:20
Tangerang: Sebanyak 28 kasus covid-19 varian Omicron ditemukan di Provinsi Banten. Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menegaskan belum ada kasus varian Omicron di wilayahnya.
 
"Sampai saat ini yang dari 28 positif Omicron di Banten, enggak ada warga dari Kota Tangerang," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Dini Anggraeni, Rabu, 5 Januari 2022.
 
Dini menuturkan meski belum adanya kasus tersebut di Kota Tangerang, pihaknya tetap melakukan beberapa langkah untuk mencegah penyebaran varian Omicron. Salah satungnya menggencarkan skrining tes covid-19 menggunakan PCR.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Banyuwangi Perketat Lalu Lintas Orang Cegah Omicron
 
"Harus mengadakan survaillance aktif. Kalau ada kasus konfirmasi positif covid-19, kita harus tracing. Kita pun telah persiapkan fasilitas kesehatannya, sarana prasarana, dan lainnya," terangnya.
 
Pihaknya bakal melakukan penanganan berbeda saat ditemukan pasien Omicron dengan terkonfirmasi positif yang sudah divaksinasi dosis lengkap dan memiliki CT value rendah. Saat ada pasien dengan kondisi itu, kata Dini, pihaknya bakal mengirimkan sample tes PCR-nya ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes). 
 
"Itu untuk mengecek whole genome sequencing dari sample yang dikirim. Nantinya itu akan mendeteksi apakah kasus-kasus yang konfirmasi ini Omicron atau bukan. Tapi secara penanganan, mau varian apapun untuk virus covid-19, sama," jelasnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif