Warga bobol dana BPJS. Foto: Dok/Metro TV
Warga bobol dana BPJS. Foto: Dok/Metro TV

Pria di Gowa Bobol Dana BPJS hingga Rp40 Juta

MetroTV • 09 Februari 2022 13:14
Gowa: Seorang pria di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan memalsukan surat kematian warga untuk mendapatkan dana BPJS hingga Rp40 juta. Diduga tersangka telah mengajukan pembayaran jaminan kematian yang fiktif sebanyak dua kali.
 
Aksi penipuan ini terungkap setelah pihak BPJS melakukan investigasi. Penyelidikan ini mendapati bahwa warga yang diklaim jaminan kematiannya oleh tersangka ternyata masih hidup.
 
Setelah mendapatkan hasil temuan, BPJS langsung melaporkan kasus penipuan ini ke pihak Polres Gowa. Setelah diselidiki lebih lanjut, tersangka adalah pekerja di sebuah Lembaga Bantuan Hukum (LBH) dan mulai memalsukan dokumen warga sejak bulan Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan pengakuan tersangka, ia menipu dengan cara mengiming-imingi warga di desanya untuk mendapat pekerjaan di LBH-nya. Melalui cara tersebut, pelaku mendapatkan dokumen pribadi seperti fotokopi KTP dan kartu keluarga untuk dipalsukan.
 
"Tersangka membuat kartu BPJS tanpa sepengetahuan warga pemilik dokumen pribadi. Kemudian, pelaku membuat surat kematian untuk mengajukan klaim kematian dari salah seorang korban yang masih hidup," ujar Kasat Reskrim Polres Gowa AKP Boby Rachman dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia di Metro TV pada Rabu, 9 Februari 2022.
 
Kasus penipuan ini membuat BPJS telah mencairkan dana kematian fiktif sebesar Rp42 juta. Sementara itu, terkait kasus tersebut tersangka dikenakan pasal 64 ayat 2 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 8 tahun penjara. (Leres Anbara)
 
 
 
(MBM)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif