Pembagian paket sembako dari Presiden Jokowi di kompleks Istana Yogyakarta. Medcom.id/ Mustaqim
Pembagian paket sembako dari Presiden Jokowi di kompleks Istana Yogyakarta. Medcom.id/ Mustaqim

Kakanwil Kemenag DIY Pimpin Pelaksanaan Salat Id Rombongan Presiden

Nasional presiden joko widodo Yogyakarta Idulfitri 1443 Lebaran 2022 Salat
Ahmad Mustaqim • 01 Mei 2022 23:08
Yogyakarta: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Masmin Afif akan menjadi imam dan khatib salat Idulfitri di Gedung Agung, Yogyakarta pada Senin, 2 Mei 2022. Salat Idulfitri di Gedung Agung itu akan diikuti Presiden Joko Widodo
 
"Saya diminta siap untuk besok (jadi imam dan khatib salat id di Gedung Agung Yogyakarta)," kata Masmin dihubungi, Minggu, 1 Mei 2022. 
 
Ia mengatakan pihak protokoler Istana Kepresidenan Yogyakarta telah berkomunikasi langsung dengan dirinya pada Sabtu, 30 April lalu. Ia menjawab siap untuk menjalankan tugas dan fungsi itu. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan tema khotbah yang akan dibawa yaitu 'Solidaritas Sosial di masa Pandemi'. Masmin menyatakan tema itu relevan dengan konteks Idulfitri yang dirayakan pada tahun ketiga pandemi covid-19. 
 
Baca: Jokowi dan Iriana Ucapkan Selamat Idulfitri 1443 Hijriah
 
"Penekananannya agar peserta salat id menjadi orang-orang yang bertaqwa, bermanfaat untuk keluarga, lingkungan, dan masyarakat. Dan orang-orang yang bertaqwa adalah orang yang bisa meberikan kontribusi positif terhadap suasana di sekitar kita," kata dia. 
 
Ia mengaku tengah mengomunikasikan materi khotbah itu dengan otoritas Istana. Materi yang Masmin siapkan itu akan disesuaikan karena salah satu jemaahnya orang nomor satu di Indonesia.  
 
"Materi sudah sudah di-ACC tim protokoler. Kemarin diminta untuk direvisi untuk dipadatkan," ucapnya. 
 
Ia menambahkan, menjadi khatib di Istana Kepresidenan Yogyakarta ini bakal jadi pengalaman keduanya. Sebelum ini, Masmin pernah menjalankan peran serupa saat Presiden Jokowi kunjungan ke Yogyakarta pada 2021.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif