Kabid Humas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga.
Kabid Humas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga.

Antisipasi Kepadatan, ASDP Merak Diminta Maksimalkan Armada Kapal

Nasional Mudik Lebaran ASDP Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Hendrik Simorangkir • 28 April 2022 13:50
Tangerang: Polda Banten berkoordinasi dengan Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Merak, untuk dapat mengoperasionalkan maksimal armada kapal. Hal tersebut untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan dan mempercepat pelayanan.
 
"Diskresi kepolisian telah dilaksanakan dengan rekayasa lalu lintas dengan mengisi kantong parkir yang sudah kosong di dermaga-dermaga dari titik buka tutup, namun bila tidak dibarengi dengan peningkatan frekuensi operasionalisasi kapal dan percepatan pengurusan dokumen berlayar, maka diskresi tersebut tentu terkendala," ujar Kabid Humas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga, Kamis, 28 April 2022.
 
Shinto menuturkan kendaraan yang menyeberang melalui Pelabuhan Merak mengalami peningkatan. Volume kendaraan tidak sebanding dengan aktivitas kapal yang melayani penyeberangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami catat sesuai data pada Rabu, 26 April pukul 08.00 WIB hingga Kamis, 27 April pukul 08.00 WIB, hanya 34 kapal yang beroperasi dengan 110 trip," ucap dia.
 
Kapal-kapal tersebut  mengangkut 83.424 penumpang naik 28.462 orang, motor sebanyak 5.489 naik 2.702, mobil sebanyak 11.400 naik 4.320, bus sebanyak 531 naik 133, dan truk sebanyak 2.548 berkurang 373. Sehingga total kendaraan 19.958 unit naik 6.782.
 
Baca: Pemudik Pakai Motor Diimbau Beralih ke Kendaraan Umum
 
Shinto menuturkan kepadatan kendaraan sempat terjadi di Tol Merak hingga KM 94 pada pukul 02.00 WIB. Pihaknya pun menerapkan buka tutup akses kendaraan, guna mengantisipasi kepadatan lebih di dalam Pelabuhan Merak.
 
"Pola pengaturan lalu lintas masuk dalam situasi merah sehingga rekayasa lalu lintas tidak hanya dilakukan dengan buka tutup kendaraan di Cikuasa Atas, namun juga dengan pengalihan kendaraan untuk exit di pintu Tol Cilegon Barat dan Cilegon Timur, dengan memberdayakan fungsi jalan arteri," jelasnya.
 
Shinto mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik untuk tetap waspada dan berhati-hati. Kondisi kesehatan dan kendaraan pastikan dalam kondisi yang prima.
 
"Cek semua kondisi kesehatan dan kendaraan, pastikan dalam kondisi yang prima untuk melakukan perjalanan jarak jauh serta antisipasi titik rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas," ucap dia.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif