Proses evakuasi badan truk yang tertabrak kereta api. Medcom.id/ Mustaqim
Proses evakuasi badan truk yang tertabrak kereta api. Medcom.id/ Mustaqim

Truk Tertabrak di Sleman, Puluhan Jadwal KA Terlambat

Nasional kecelakaan lalu lintas kereta api kecelakaan kereta Yogyakarta
Ahmad Mustaqim • 26 April 2022 23:21
Yogyakarta: Sebuah truk tertabrak kereta api di sebuah perlintasan Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa malam, 26 April 2022. Peristiwa ini berimbas pada keterlambatan keberangkatan kereta api.
 
Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 19.40 WIB. Ia mengatakan KA Lodaya yang telanjur melaju terhalang sebuah truk yang mogok di perlintasan..
 
"Sekitar pukul 19.43 WIB KA Lodaya terhalang kendaraan di perlintasan 720. Truk yang ditarik kendaraan lain sehingga mengakibatkan KA Lodaya tertemper truk tersebut," kata Supriyanto di lokasi kejadian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kecelakaan dan Pelanggaran Lalu Lintas di Banten Meningkat
 
Ia mengatakan ban truk itu terseret KA hingga ratusan meter. Sementara, badan truk terseret puluhan meter. "Sopir berhasil menyelamatkan diri. Tak ada korban dalam peristiwa ini," jelasnya.
 
Menurut dia truk itu mogok di perlintasan. Saat proses penarikan belum usai, KA Lodaya rute Solo-Bandung melintas. Badan dan kepala truk terpantau ringsek. Sampai saat ini proses evakuasi di tepi perlintasan masih berlangsung.
 
"Kondisinya hanya truknya yang rusak. Rodanya nyangkut di lokomptif, terseret kereta. Kereta api kondisi aman," ungkapnya.
 
Ia mengatakan pada pukul 21.00 WIB kereta api sudah bisa melintas. Ia mengakui kecelakaan itu berdampak pada keterlambatan keberangkatan maupun kedatangan kereta api.
 
Supriyanto mengatakan ada lebih dari 10 jadwal keberangkatan kereta api alami keterlambatan. Di sisi lain, KA Lodaya terlambat 1 jam.
 
"Di belakangnya juga (ada keterlambatan) Ada perbaikan juga di Stasiun Rewulu. Semua (kereta api) harus kurangi kecepatan," ujarnya.
 
Ia mengimbau masyarakat yang melintas perlintasan rel kereta api memastikan kondisi aman. Menurut dia, kehati-hatian harus dilakukan pada perlintasan yang dijaga maupun tidak.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif