Ilustrasi - Kegiatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Madrasah Ibtidaiah Negeri 1 Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)
Ilustrasi - Kegiatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Madrasah Ibtidaiah Negeri 1 Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)

OKU Sumsel Siapkan 10 Ribu Dosis Vaksin untuk Anak-anak

Antara • 10 Januari 2022 12:08
Baturaja: Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatra Selatan menyiapkan 10 ribu dosis vaksin covid-19 buatan Sinovac untuk memvaksinasi anak-anak 6-11 tahun.
 
"Untuk tahap awal sudah tersedia 10 ribu (dosis vaksin) Sinovac. Kekurangannya nanti diajukan sesuai kebutuhan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan OKU Andi Prapto di Baturaja, Senin, 10 Januari 2022.
 
Vaksinasi covid-19 pada anak 6-11 tahun menurut jadwal dilaksanakan mulai Senin di seluruh sekolah dasar di wilayah OKU.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sasarannya sekitar 40 ribu siswa untuk divaksin dua tahap. Untuk jenis vaksin semuanya sama, sesuai instruksi Kementerian Kesehatan yaitu (vaksin) Sinovac," kata Andi.
 
Baca juga: Warga di Sekitar Gunung Dempo Diimbau Waspada
 
Dia menjelaskan pemerintah memilih menggunakan vaksin buatan Sinovac untuk anak-anak karena kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) dalam penggunaan vaksin tergolong ringan. 
 
Sebagaimana dalam vaksinasi pada kelompok sasaran yang lain, anak-anak juga akan menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum mendapat suntikan vaksin covid-19.
 
"Orang tua tidak perlu khawatir karena vaksin Sinovac sudah terbukti aman dan tidak ada efek samping," ujarnya.
 
Andi menambahkan, hingga saat ini vaksin covid-19 buatan Sinovac yang digunakan di OKU sudah mencapai 303.036 dosis.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif