Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto memantau pelayanan vaksinasi warga binaan pemasyarakatan. (ANTARA/Yudi Abdullah/22)
Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto memantau pelayanan vaksinasi warga binaan pemasyarakatan. (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Tak Punya NIK, 1.350 Narapidana di Sumsel Belum Divaksin

Nasional narapidana Kemenkumham Vaksinasi covid-19 Sumatra Selatan Dukcapil
Antara • 18 April 2022 11:00
Palembang: Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatra Selatan berupaya agar 1.350 narapidana atau warga binaan pemasyarakatan memperoleh nomor induk kependudukan (NIK) ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat.
 
"NIK perlu diperjuangkan dimiliki warga binaan pemasyarakatan (WBP) karena mereka hingga kini belum bisa mendapat vaksin akibat data kependudukannya belum tercatat di Disdukcapil," kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto, di Palembang, Senin, 18 April 2022. 
 
Menurut dia, permasalahan tersebut diupayakan secepatnya selesai agar mereka bisa memperoleh pelayanan vaksinasi covid-19 dan target vaksinasi bagi 16.486 WBP dan tahanan bisa tuntas 100 persen pada akhir April 2022 ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 498.222 Warga Bekasi Sudah Disuntik Vaksin Booster
 
"Untuk memperjuangkan NIK warga binaan pemasyarakatan dan tahanan, pihaknya berkoordinasi dengan Disdukcapil provinsi dan kabupaten/kota sekitar lokasi lapas dan rutan," ujarnya.
 
Guna mewujudkan kekebalan komunal di lapas dan rutan yang tersebar di 17 kabupaten/kota dalam wilayah Sumsel, pihaknya mengupayakan seluruh WBP dan tahanan dapat divaksin.
 
Untuk melakukan vaksinasi tersebut, pihaknya menggandeng Dinas Kesehatan, Polda, dan Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumsel yang memiliki stok vaksin dan wewenang menyelenggarakan pelayanan vaksinasi massal.
 
"Saya menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sumsel, pemkab/pemkot, pihak TNI -Polri, Binda Sumsel dan semua pihak yang telah membantu percepatan vaksninasi WBP dan petugas pemasyarakatan," ujar Harun.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif