Ilustrasi. Situasi arus balik. Foto: Jasa Marga
Ilustrasi. Situasi arus balik. Foto: Jasa Marga

One Way 24 Jam di Kalikangkung, Volume Kendaraan Meningkat 11%

Nasional Mudik Lebaran hari raya idul fitri arus balik jawa tengah Lebaran 2022 Mudik 2022
Mustholih • 07 Mei 2022 12:01
Semarang: Lonjakan kendaraan di gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, mengalami kenaikan 11 persen pada penerapan sistem satu arah (one way) arus balik Lebaran Idulfitri 2022. Kepolisian Daerah Jawa Tengah mencatat kendaraan pada Sabtu, 7 Mei 2022, berjumlah 68 ribu unit meningkat dari hari sebelumnya, 61 ribu unit.
 
"Sesuai data, jumlah ini adalah yang tertinggi sejak H+1 Lebaran. Jumlah ini bahkan lebih tinggi dibandingkan puncak arus mudik pada tanggal 29-30 April lalu," kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar M Iqbal Alqudusy, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 7 Mei 2022.
 
Mengingat jumlah kendaraan yang mengalami peningkatan signifikan, Iqbal meminta pemudik menjaga laju kendaraan. Pengendara tidak boleh menggunakan bahu jalan tol untuk beristirahat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tetap bersabar dan berpikir positif. Perhatikan juga untuk tetap selalu jaga kesehatan. Semoga diberikan kemudahan dan tepat waktu sampai di tujuan," tegas Iqbal.
 
Baca: Puncak Arus Balik ke Jakarta Diprediksi Siang Ini
 
Menurut Iqbal, Polda Jawa Tengah mengapresiasi kepada para pemudik yang mematuhi peraturan lalu lintas dan arahan petugas saat arus balik Lebaran 2022.
 
"Kapolda juga mengharapkan, pada periode arus balik masyarakat tetap bersabar, mengembangkan toleransi di jalan raya serta taat pada arahan petugas di lapangan," terang Iqbal.
 
Iqbal mengatakan Lebaran Idulfitri 2022 memberikan dampak psikologis yang luar biasa bagi para pemudik. "Apalagi selama dua tahun terakhir masyarakat tidak melakukan perjalanan mudik karena terhambat pandemi covid-19. Mudik Lebaran 2022 saat ini pasti memberikan dampak psikologis yang sangat positif," tuturnya.
 
Iqbal menambahkan mudik Lebaran bernilai penting bagi perantau yang rindu kampung halaman. Mudik juga menumbuhkan rasa kesatuan dan persatuan karena dapat berkumpul dengan keluarga dan orang-orang di kampung halaman.
 
"Dengan mudik, ada kelegaan yang luar biasa. Ada perasaan tenang, santai, bahkan pengamalan agama menjadi meningkat. Peristiwa mudik dipandang sebagai pembaharuan hubungan sosial yang berdampak positif dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa," ucap Iqbal.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif