Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id.

Pelaku Pungli di SMA Negeri 1 Makassar Terancam Pidana

Nasional penipuan Sistem Zonasi PPDB 2019
Muhammad Syawaluddin • 10 Agustus 2019 10:00
Makassar: Tim Saber Pungli Provinsi Sulawesi Selatan saat ini belum bisa menentukan tersangka dalam kasus pungutan liar di SMA Negeri 1 Makassar, Sulawesi Selatan. Namun yang pasti pelaku terancam terkena sanksi baik itu administrasi ataupun pidana.
 
Kepala Sekretaris Unit Pemberantasan Pungli Sulawesi Selatan, Muh. Salim Basmin, mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih mendalami dugaan pungli yang ditenggarai telah dilakukan pihak dari SMA Negeri 1 Makassar.
 
"Kami masih menggali informasi dan pendalaman. Setelah itu akan diserahkan ke Pokja Yustisi dan lahir rekomendasi, apakah diarahkan ke pidana atau hanya sanksi administrasi," jelasnya, saat dikonfirmasi, di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat 9 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Pungli di SMAN 1 Makassar Diduga Dilakukan Komite Sekolah
 
Salim menjelaskan, untuk saat ini hingga dua hari ke depan pihaknya masih akan terus melakukan pendalaman terkait dugaan pungli itu, bahkan akan melaksanakan gelar perkara bersama tim, yang terdiri dari inspektorat, kepolisian, dan kejaksaan.
 
"Nanti beberapa hari ke depan baru ada hasilnya. Kita rapatkan dulu," jelasnya.
 
Ketua Tim Saber Pungli Sulawesi Selatan, Robert Haryanto, mengatakan bahwa untuk sementara belum ada hasil siapa yang menjadi pelaku utama dalam kasus pungutan liar di salah satu sekolah negeri unggulan di Sulawesi Selatan itu.
 
"Belum, kita belum sampai ke tahap itu. Kita harus membicarakan semua ini dengan pokja yustisi," jelasnya.
 
Pihaknya, saat ini masih menunggu inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan yang masih berada di luar kota. Setelah tiba rapat penentuan untuk pelaku dan sanksi yang akan diberikan alan dimulai, sebab tim harus lengkap sebelum memutuskan rekomendasi.
 
Sebelumnya, Tim Satgas Saber Pungli Provinsi Sulawesi Selatan menemukan adanya dugaan pungutan liar di SMA Negeri 1 Makassar. Temuan itu berdasarkan laporan dan aduan masyarakat yang langsung ditindaklanjuti oleh tim.
 
Saat ini, Tim Saber Pungli tengah mendalami adanya indikasi pungli tersebut di sekolah ternama di Sulawesi Selatan tersebut. Mereka telah mengambil beberapa data untuk kemudian serahkan ke kelompok kerja (Pokja) Yustisi.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif