Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hadir dalam pertemuan menteri transportasi Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Filipina (BIMP) di Jakarta, Jumat (6/12/2019). ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hadir dalam pertemuan menteri transportasi Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Filipina (BIMP) di Jakarta, Jumat (6/12/2019). ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Kemenhub Layangkan Surat Denda ke Garuda Indonesia

Nasional Garuda Indonesia harley davidson
Antonio • 09 Desember 2019 10:19
Bekasi: Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan melayangkan surat denda ke maskapai Garuda Indonesia. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pada penyelundupan Harley Davidson dan sepeda lipat Brompton tersebut pihaknya konsen dengan keamanan.
 
"Hari ini Ditjen udara akan menyampaikan surat kepada garuda tentang denda," kata Budi di Bekasi, Minggu, 8 Desember 2019.
 
Budi menjelaskan sesuai dengan ketentuan, penerbangan memiliki flight approval yang harus mencantumkan penumpang dan barang yang dibawa di dalam pesawat. Apabila itu tidak dicantumkan dalam flight approval maka maskapai harus bertanggungjawab atau bersedia untuk didenda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengenai pencopotan direksi Garuda Indonesia, Budi mengatakan harus ada pengganti secara langsung. "Dan saya pikir satu korporasi sebesar garuda banyak sekali tenaga maintenance dan operasi yang piawai. Menurut hemat saya tidak akan ada masalah," jelas Budi.
 
Garuda Indonesia menjadi sorotan setelah penyelundupan Harley Davidson dan dua sepeda lipat Brompton terbongkar. Kendaraan itu ditemukan di dalam pesawat baru Garuda Indonesia jenis Airbus A330-900 seri Neo dari Toulouse, Prancis, Sabtu, 16 November 2019.
 
Harga motor Harley itu berkisar Rp200 juta-Rp800 juta. Sementara itu, nilai Brompton berkisar antara Rp50 juta-Rp60 juta per unitnya. Total kerugian negara berkisar antara Rp532 juta-Rp1,5 miliar akibat kasus ini.

 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif