Ruang tahanan Polresta Malang Kota. (Foto: Medcom.id/Daviq Umar)
Ruang tahanan Polresta Malang Kota. (Foto: Medcom.id/Daviq Umar)

Gergaji yang Dipakai Tahanan untuk Kabur Diselidiki

Nasional tahanan kabur
Daviq Umar Al Faruq • 09 Desember 2019 15:20
Malang: Empat tahanan di sel Polresta Malang Kota, Kota Malang, Jawa Timur, kabur pada Senin dini hari, 9 Desember 2019. Para tahanan kabur usai menggergaji terali besi di atap sel tahanan.
 
"Terkait gergaji masih kita dalami dari mana asalnya. Kalau ada kelalaian kita akan proses," kata Kapolresta Malang Kota, AKBP Leonardo Simarmata, Senin, 9 Desember 2019.
 
Leonardo menduga para tahanan ini melarikan diri ke belakang sel. Penelusuran Medcom.id, di belakang sel tahanan terdapat sebuah sekolah yakni SMP Katolik Frateran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kabur ke belakang, kami masih melakukan penyelidikan," bebernya.
 
Keempat tahanan yang kabur yakni, Sokip Yulianto, Nur Cholis, Bayu Prasetyo, dan Andria alias Ian. Mereka telah ditahan di sel Polresta Malang Kota sekitar dua minggu.
 
"Mereka masih belum (putusan). Masih dalam proses, kan belum sampai di pengadilan. (Hukuman) mereka bervariasi, ancamannya di antara 8 sampai 10 tahun," ujarnya.
 
Leonardus menambahkan di dalam sel tersebut saat ini terdapat 59 orang tahanan. Puluhan tahanan terbagi di beberapa bilik kamar dalam sel tahanan.
 
"Kalau empat tahanan kabur ini beda jaringan, beda kasus," pungkasnya.
 
Empat tahanan di Polresta Malang Kota, sebelumnya kabur sekitar pukul 01.30 WIB, Senin 9 Desember 2019. Mereka diduga melarikan diri dengan cara memanjat sel tahanan mengunakan kain yang disambung dan diikat seperti tali. Para tahanan keluar sel dengan mengergaji teralis besi di atap sel.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif