Penari yang mengikuti flashmob tari Pakarena di Makassar. Foto: Dok. Istimewa
Penari yang mengikuti flashmob tari Pakarena di Makassar. Foto: Dok. Istimewa

Flashmob Tari Pakarena Tampil Meriah di Makassar

Nasional tari-tarian
Sri Yanti Nainggolan • 21 September 2019 23:18
Makassar:Tarian massal (flashmob) Tari Pakarena yang diadakan di Anjungan Pantai Losari Makassar pada Sabtu, 21 September 2019, mendapat sambutan positif. Acara tersebut adalah rangkaian dari gerakan budaya bertema Seberapa Indonesianya Kamu.
 
Gerakan budaya yang diinisiasi oleh INDONESIA.IDtersebut melibatkan sekitar 1.000 penari. Mereka berasal dari berbagai latar belakang profesi dan organisasi.
 
Gerakan budaya tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat bersinergi dan bersatu padu dalam tarian khas lokal untuk menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dan keberagaman bangsa. Selain itu, kegiatan tersebut juga diharapkan dapat mempopulerkan lagi budaya lokal yang tergerus oleh modernitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam kegiatan tersebut, Tari Pakarena sebagai primadona mengambil tema "Indonesia Pa’rasangata", yang berarti Indonesia Kampung Halamanku. Tarian ini dipilih karena mulai jarang ditampilkan.
 
Tari Pakarena adalah tarian yang diiringi alat musik berupa gendang, kannong-kannong, gong, kancing dan pui-pui (alat musik tiup). Tarian tersebut merupakan warisan budaya kebanggaan masyarakat Suku Bugis.
 
Gerakan dalam tarian yang ada sejak abad ke-17 ini memiliki makna khusus dan sarat pesan agung. Misalnya, gerakan berputar mengikuti arah jarum jam menunjukkan siklus kehidupan manusia, dan gerakan naik turun merupakan cermin irama kehidupan.
 
Beberapa tarian lain yang juga masuk dalam proyek gerakan budaya adalah Tari Cokekan (Jakarta), Tari Ketuk Tilu (Bandung), Tari Ahoii (Medan), dan Tari Pandhalungan (Jember).
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif