Sampah di Sungai Cikeas, Bendung Kota, Kota Bekasi, Jawa Barat, diangkut petugas, Kamis 10 Oktober 2019. Istimewa/Medcom.id
Sampah di Sungai Cikeas, Bendung Kota, Kota Bekasi, Jawa Barat, diangkut petugas, Kamis 10 Oktober 2019. Istimewa/Medcom.id

Sampah Bambu Sepanjang 120 Meter Sumbat Sungai Cikeas

Nasional sampah sampah menumpuk
Antonio • 10 Oktober 2019 16:04
Bekasi: Sampah bambu sepanjang 120 meter menumpuk di Sungai Cikeas, Bendung Koja, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis, 10 Oktober 2019. Hal itu membuat lima perumahan yang dilintasi kali tersebut terancam banjir lantaran air tidak mengalir.
 
Ketua Peduli Sungai Cileungsi Cisadane, Puarman, mengatakan lima perumahan tersebut berada di wilayah Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi. Yakni, Perumahan Villa Nusa Indah, Perumahan Villa Mahkota Pesona, Perumahan Mandosi Permai, Perumahan Puri Nusapala, dan Perumahan Jatisari.
 
"Nah, sampah bambu ini kalau tidak segera ditanggulangi akan mengakibatkan banjir juga di lima perumahan," kata Puarman di Bekasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor. Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) dan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air.
 
Hal itu dilakukan agar penumpukan bambu yang diduga berasal dari hulu sungai tersebut di wilayah gunung Geulis dan Bukit pelangi ini dapat segera diangkut.
 
"Asal ada kenaikan air sungai Cikeas hampir 200 sentimeter, selalu membawa material sampah bambu. Jenis sampah 90 persen sampah bambu, 10 persen sampah rumah tangga," lanjut Puarman.
 
Untuk sementara ini pengangkutan sampah dilakukan dengan cara manual. Karena tidak ada akses alat berat untuk melintas di jalan tersebut.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif