Ketua DPD La Nyalla Mattalitti. Foto: Medcom.id/Amaluddin
Ketua DPD La Nyalla Mattalitti. Foto: Medcom.id/Amaluddin

La Nyala Minta Hibah Tanah ke Khofifah

Nasional dpd ri
Amaluddin • 01 November 2019 15:16
Surabaya: Ketua DPD, La Nyalla Mattalitti, mengatakan ingin memiliki kantor perwakilan di Jawa Timur. La Nyalla meminta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghibahkan tanahnya untuk membangun kantor DPD di daerah.
 
"Saya sudah minta ke Ibu Gubernur untuk diberikan hibah tanah pembangunan kantor DPD di daerah, dan beliau menyanggupinya," kata La Nyalla, usai kunjungan kerjanya di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat, 1 November 2019.
 
La Nyalla mengatakan DPD memiliki gedung permanen yang cukup representatif di tiga provinsi, yaitu Sumatera Selatan (Sumsel), Yogyakarta, dan Nusa Tenggara Timur (NTT). DPD juga menerima hibah tanah di 11 provinsi yaitu Provinsi Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara dan Maluku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang 11 hibah tanah itu telah dilakukan balik nama, dan telah bersertifikat atas nama DPD RI," ujarnya.
 
Dia menilai kehadiran kantor DPD di daerah sangat penting untuk memperjuangkan kepentingan rakyat. Selain itu juga untuk menyerap aspirasi masyarakat dan membangun kesepahaman antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
 
"Melalui kantor ini juga para pemangku kebijakan di daerah dapat menyampaikan seluruh aspirasi, ide dan gagasannya untuk ditindaklanjuti di tingkat pusat, demi kemajuan daerah," ujarnya.
 
La Nyalla menerangkan pembangunan kantor sejalan dengan perintah Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), melalui Pasal 252 Ayat (4) yang dijelaskan bahwa Anggota DPD RI dalam menjalankan tugasnya, berdomisili di daerah pemilihannya dan mempunyai kantor di Ibu Kota provinsi daerah pemilihannya.
 
"Bila mengacu kepada amanat UU MD3, kantor yang dimaksudkan untuk memudahkan penyerapan aspirasi daerah oleh anggota DPD RI dalam mengembangkan artikulasi politik daerah bersama-sama dengan Pemerintah Daerah," jelasnya.
 
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengaku siap menyediakan tanah untuk pembangunan kantor. Pihaknya akan memastikan dahulu master plan gedung untuk DPD di Surabaya nantinya.
 
"Dari sisi master plan gedung harus detail, setelah itu disiapkan penganggarannya. Kalau sekarang memang masih masih menempati Kesbangpol Jatim yang memang dinilai kurang representatif," kata Khofifah.
 
Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu berharap kepada DPD bisa membangun koneksitas, terutama hubungan dagang antar daerah. "Apalagi perdagangan antar daerah di Jatim tinggi sekali. Sampai September tahun ini saja sudah Rp44,9 triliun," tandas Khofifah.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif